Polres Blitar berbagi kasih dengan ODGJ

Polres Blitar berbagi kasih dengan ODGJ

Kegiatan bakti sosial Polres Blitar yang digelar bersama ODGJ di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (28/8/2019). (Antara Jatim/ istimewa)

Blitar (ANTARA) - Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur, mengadakan program peduli kasih bersama dengan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), sebagai bentuk perhatian dengan harapan mereka yang dirawat dapat lebih terhibur.

"Ini dalam rangka HUT Ke-71 Polwan di Polres Blitar bersama Posyandu Kesehatan Jiwa Seroja Warta Kecamatan Talun mengadakan kegiatan peduli kasih bersama ODGJ. Ini merupakan kegiatan sosial," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Blitar Iptu Muh Burhanuddin di Blitar, Rabu.

Ia mengatakan, Polres Blitar sangat memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut membantu dalam kegiatan tersebut, terlebih lagi membantu mereka yang mengalami gangguan jiwa. Dengan itu, diharapkan bisa memberikan perhatian lebih agar mereka yang dalam pengobatan ke depan bisa menjadi lebih baik.

Sementara itu, perwakilan dari Puskesmas Talun Dewi Triani mengatakan bentuk perhatian dari masyarakat terhadap ODGJ sangat diperlukan, agar mereka bisa menjadi lebih baik.

"Kita semua juga harus peduli dengan saudara-saudara kita ODGJ dan semoga kepedulian ini tidak hanya berhenti disini," katanya.

Ia menambahkan, program Posyandu Saroja Warta Kecamatan Talun ini adalah swadaya di bawah binaan warga setempat yang bernama Sutris. Namun, dari Puskesmas juga tetap mendampingi terutama di bagian  programer jiwa.

Kepala Desa Jajar, Kecamatan Talun, Hardoyo mengaku sangat senang dengan kegiatan ini serta berterimakasih atas dukungan posyandu ODGJ di daerahnya ini. Dirinya berharap masyarakat umum nantinya juga ikut membantu, setidaknya memberikan perhatian kepada ODGJ agar mereka kembali pulih dan bisa beraktivitas di masyarakat.

Pengasuh Posyandu Jiwa Seroja Warta Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Sutris mengaku perhatian tersebut memang diperlukan.

"Kami terima kasih. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara kita ODGJ," kata dia.

Dalam kegiatan itu, sejumlah acara digelar misalnya cukur rambut, menari bersama, serta pemberian tali asih. Acara itu selain dihadiri jajaran petinggi dari Polres Blitar, juga sejumlah tamu undangan lainnya. (*)
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019