Jakarta (ANTARA) - Diet keto pada anak belakangan mulai diperkenalkan, namun untuk sejumlah kondisi khusus seperti epilepsi dan kanker otak.

Para peneliti menemukan, diet keto dapat membantu anak-anak mengurangi frekuensi kejang hingga 50 persen.

Baca juga: Mengenal diet keto yang sedang tren

Lantas, apakah diet ini aman sepenuhnya untuk anak dan remaja? Para ahli kesehatan seperti dilansir Medical Daily mengatakan diet ini bisa untuk anak namun ada masalah yang bisa terjadi.

Namun, para ilmuwan belum menentukan efek jangka panjang keto pada anak-anak. Penting juga untuk mengetahui, makanan biasanya diberikan kepada anak-anak di bawah pengawasan dokter, perawat terdaftar, atau ahli gizi.

Potensi efek samping

Baca juga: Benarkah diet keto menyehatkan?

Dokter memerlukan konsultasi untuk mengetahui kebutuhan nutrisi anak-anak sebelum memulai diet baru. Hal ini untuk menghindari dampak negatif pada kesehatan dan pertumbuhan mereka di kemudian hari.

Jika diberikan secara tidak tepat, diet keto dapat menyebabkan defisiensi vitamin dan mineral, gangguan pertumbuhan, ketidakseimbangan elektrolit, kadar kolesterol darah tinggi, gula darah rendah dan masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan sembelit, menurut Healthline.

Diet ini juga dikenal membatasi banyak makanan. Tetapi pendekatan semacam itu mungkin tidak bekerja dengan baik pada anak-anak karena tubuh mereka masih tumbuh dan berkembang.

Mereka membutuhkan nutrisi yang memadai, dan diet ketat, seperti keto, dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Pada anak-anak, diet ini dapat mengembangkan perilaku tidak sehat, seperti gangguan makan.


Baca juga: Mencicipi camilan sehat brownie dari buah bit

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019