Jamaah Kloter 11 asal Sulawesi Barat tiba di Tanah Air

Jamaah Kloter 11 asal Sulawesi Barat tiba di Tanah Air

Arsip Foto. Jamaah haji memasuki Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/8/2019). (ANTARA/ARNAS PADDA)

Makassar (ANTARA) - Jamaah haji dalam Kelompok Terbang 11 Debarkasi Hasanuddin Makassar asal Provinsi Sulawesi Barat tiba di Tanah Air dengan selamat menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Kloter 11 Debarkasi Makassar telah tiba dengan selamat dan siap untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing," kata Wakil Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hasanuddin Makassar Solihin di Makassar, Senin.

Jamaah dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 terdiri atas 454 orang, umumnya berasal dari Kabupaten Polewali Mandar, Mamuju, dan Mamuju Tengah.

Selain itu ada satu anggota jamaah haji asal Sulawesi Tenggara bernama Salma Ambo Killang Pallineng yang menempati kursi Hasnah Samaura Samauna asal Kabupaten Mamuju, yang meninggal dunia pada 16 Agustus 2019 di Mekkah.

Solihin menyatakan bahwa pada saat berangkat anggota Kloter 11 sebanyak 454 orang termasuk lima tenaga pendamping haji.

Saat menerima jamaah haji Kloter 11, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar Ikbal Ismail berpesan kepada jamaah agar tetap menjaga kuantitas dan kualitas ibadah, karena itu merupakan salah satu ukuran kemabruran haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat H. Muflih BF mengatakan bahwa ciri haji yang mabrur adalah semakin baik kualitas pribadi mau pun hubungannya dengan masyarakat.

"Ada tiga ciri mabrurnya haji seseorang yaitu selalu menebarkan kedamaian serta kemaslahatan bagi orang sekitarnya dan senantiasa menjaga agar tutur katanya selalu menyenangkan. Kemudian memiliki sifat dermawan serta kepedulian sosial, semoga ketiga hal ini dimiliki oleh semua jemaah haji kita," katanya.

Baca juga: Sulawesi Barat berangkatkan 1.142 calon haji
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019