Sidoarjo (ANTARA) - Polresta Sidoarjo, Jawa Timur menjamin keamanan mahasiswa Papua yang tinggal di Kabupaten Sidoarjo sebagai upaya untuk menciptakan iklim yang damai di kabupaten setempat.

Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Kompol Sarwo Waskito di Sidoarjo, Kamis mengatakan, sampai saat ini situasi di Kabupaten Sidoarjo aman dan kondusif.

"Kami berharap kepada saudara-saudara kami dari Papua yang tinggal di kontrakan sini atau lainnya, jangan mudah terprovokasi berita-berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa. Kita semua cinta Papua. Kita semua satu Indonesia," pesannya kepada mahasiswa asal Papua di Sidoarjo.

Kompol Sarwo juga berpesan, apabila ada pihak-pihak yang berupaya menghasut atau mengganggu ketenangan masyarakat Papua di Bumi Delta, silahkan segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau instansi pemerintahan terdekat.

"Intinya kami beri jaminan keamanan saudara-saudara semua," katanya.

Ia mengatakan, di wilayah Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Dusun Manyar, terdapat satu tempat kontrakan yang berisi 30 mahasiswa asal Papua.

"Mereka sedang menuntut ilmu di Surabaya dan juga Sidoarjo," katanya.

Emanuel Saiba, Perwakilan Mahasiswa asal Papua di Sidoarjo mengatakan, berterima kasih atas jaminan keamanan dari Polresta Sidoarjo.

Ia juga menjelaskan, jika dirinya bersama kawan-kawan mahasiswa asal Papua begitu cinta dengan NKRI.

"Sangat disayangkan jika kita mudah percaya provokasi yang dapat mengganggu persatuan Negara kita tercinta. Mari jaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Mari jaga kedamaian Papua dan juga Indonesia," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019