Mahasiswa Fisipol UMP korwil Festival Pemuda tingkat nasional

Mahasiswa Fisipol UMP korwil Festival Pemuda tingkat nasional

Lisa Ramadana (no.2 dari kiri) bersama Delegasi FISIPOL UMP pada Festival Pemuda tingkat nasional tahun 2018. ANTARA/Lab.Komunikasi FISIPOL UMP.

Palangka Raya (ANTARA) - Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya kembali ditunjuk sebagai koordinator wilayah Festival Pemuda tingkat nasional tahun 2019 yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah.

“Kedua mahasiswa Fisipol UMP yang ditunjuk sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Festival Pemuda tahun ini adalah Widya Tri Yadi dan Ahmad Yunani, mahasiswa Program studi Ilmu Administrasi Negara,” kata Lisa Ramadana, Sekretaris Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Fisipol UMP di Palangka Raya, Kamis.

Tugas Korwil adalah memotivasi kalangan pemuda di daerah untuk mau ambil peran dan ikut kegiatan nasional pemuda dengan nuansa ilmiah dan menyenangkan.

Festival Pemuda tahunan dengan penyelenggara Harapan Pemuda Indonesia (HPI) dilakukan beberapa tahapan antara lain seleksi oleh koordinator wilayah pada 3 Agustus 2019.

Para peserta diwajibkan mengirimkan syarat data pribadi, dan memiliki motivasi yang kuat, dan memiliki pengetahuan kedaerahan sesuai daerah asal masing-masing.

Mahasiswa Fisipol UMP juga ambil bagian pada Festival Pemuda tingkat nasional tahun 2018 termasuk Lisa Ramadana.

Keterlibatan mahasiswa pada kegiatan Festival Pemuda ini cukup positif dan sebagai ajang memperkuat karakter serta memperluas wawasan Ke-Indonesiaan dengan keragaman aspek sosial ekonomi dan budaya sebagai bangsa.

"Mahasiswa sebagai bagian dari pemuda Indonesia harus terus mengisi diri melalui pelibatan berbagai aktivitas positif dan menyenangkan, agar pada saatnya berkiprah di tengah kehidupan masyarakat relatif matang," ucap Said Azmi, Wapres BEM-UMP saat mendapingi Lisa Ramadana melaporkan kegiatan mahasiswa ke Dekan Fisipol MP.

Berikut merupakan beberapa persyaratan yaitu mahasiswa aktif, sehat jasmani dan rohani, mengisi formulir pendaftaran, follow akun Instagram @pemudaorid, posting foto di Instagram Post Feed menggunakan template twibbon (Link Twibbon).

Kemudian tag serta mention akun Instagram @pemudaorid dengan caption: “Saya (Nama Lengkap) siap menjadi delegasi (Asal Daerah) serta akan berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan Festival Pemuda 2019 #FestivalPemuda2019 #TunjukkanKontribusimu #AyoMudaBerkarya #MillenialHangout #MobilPintar #Semarang #Indonesia” lalu tag tiga (3) teman lainnya juga.

Membuat esai dengan tema: (Pilih salah satu saja!) : Ekonomi Kreatif, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Sosial dan Budaya, Hukum dan Penegakan HAM, memiliki visi untuk Indonesia yang lebih baik, peserta yang mengikuti kegiatan, dianggap bersedia mengikuti setiap peraturan yang berlaku.

Sedangkan ketentuan penulisan esai yaitu isi minimal terdiri dari 250 kata, ditulis dengan kertas A4, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1, Margin Atas 3, Margin Kanan 3, Margin Kiri 4, Margin Bawah 3

Kirimkan esai dan formulir pendaftaran ke email harapanpemudaindonesia@gmail.com dengan format file NAMA_UNIVERSITAS_PROVINSI_ZONASI

Contoh : HAFIDZ IKHSAN BAIHAKI_UNIVERSITAS INDONESIA_DKI JAKARTA_JAWA

Adapun batas waktu pendaftaran 17-30 Agustus 2019, kata Lisa Ramadana.

Baca juga: Kedubes - UMP komitmen wujudkan "SDM Unggul Indonesia Maju"
Baca juga: Mantan Rektor UMP mendapat Bintang Jasa Utama dari Presiden
Baca juga: Rektor UMP: GBHN menentukan arah pembangunan


 

Pewarta : Muhammad Yusuf
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019