Jalur khusus kedatangan jamaah haji disiapkan Imigrasi Palembang

Jalur khusus kedatangan jamaah haji disiapkan Imigrasi Palembang

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Palembang, Triman memberikan pengarahan kepada petugas pelayanan kedatangan jamaah haji pada musim haji 2019 di Debarkasi Palembang, Sumsel, Kamis (22/8/2019). (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan jalur khusus untuk melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah haji yang mendarat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

"Untuk memudahkan pemeriksaan keiimigrasian jamaah haji setelah beribadah di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi dan kembali ke Tanah Air melalui Debarkasi Palembang kami menyiapkan jalur khusus sesuai arahan pimpinan (Direktur Jenderal Imigrasi)," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Palembang, Triman di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, pelayanan dokumen keimigrasian kedatangan jamaah haji Sumatera Selatan di Bandara Internasional SMB II Palembang dalam beberapa hari ini berjalan lancar.

"Sekarang ini telah dilayani kedatangan 2.243 jamaah haji Sumsel yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 hingga 5," katanya.

Jalur khusus, katanya, disiapkan untuk memudahkan jamaah haji daerah ini melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian ketika mendarat di Bandara SMB II Palembang pada malam hari.

Kedatangan jamaah haji kloter 5 sebanyak 449 orang mendarat di Bandara SMB II Palembang, Rabu (21/8) malam sekitar pukul 22.00 WIB dengan pesawat Saudi Airline SV 5402.

Jamaah kloter 5 tersebut berasal dari Kota Palembang dan Kabupaten Ogsn Komering Ulu dengan perincian 201 laki-laki dan 248 perempuan.

Pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian kedatangan jamaah haji masih 14 kloter lagi karena sesuai data keberangkatan
sekitar 8.000 orang asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung diberangkatkan 19 kloter melalui embarkasi haji Palembang ke Arab Saudi.

Untuk mendukung kelancaran penyambutan kedatangan jamaah haji pada pertengahan Agustus hingga awal September 2019 ini, pihaknya menurunkan puluhan petugas melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah yang pulang dari Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, melalui debarkasi haji Bandara SMB II Palembang.

Dengan berbagai persiapan maksimal, penyambutan ribuan jamaah haji dan petugas haji dari dua provinsi yang dibagi dalam 19 kelompok terbang itu sesuai dengan harapan bersama, demikian Triman.

Baca juga: Pelayanan dokumen keimigrasian calon haji Sumsel-Babel lancar

Baca juga: Imigrasi Palembang fasilitasi pemberangkatan 8.509 calon haji

Baca juga: 449 haji Kloter 3 Debarkasi Palembang tiba
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019