Mereka semua sudah menjalani rukun hajinya dan mereka berada di Arab Saudi selama sekitar 40 hari,
Makassar (ANTARA) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 06 Debarkasi Hasanuddin Makassar tiba di tanah air tepat waktu atau pagi setelah shalat subuh dengan selamat menggunakan Pesawat Garuda Indonesia, Kamis.

"Kloter 06 ini telah tiba dengan selamat dan siap untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing," ujar Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Hasanuddin Makassar, Solihin di Makassar, Kamis.

Ia menjelaskan pesawat yang membawa jamaah kloter 06 merupakan gabungan dari dua daerah yaitu Kota Makassar sebanyak 19 orang, jamaah asal Kabupaten Bulukumba 431 orang ditambah 5 orang petugas pendamping haji.

Ia menyatakan pada rombongan kloter 06 Debarkasi Makassar (UPG 06) jumlah jemaahnya sama dengan saat keberangkatan mereka ke Tanah Suci, Selasa (11/7/2019).

Baca juga: Jamaah haji Debarkasi Makassar meninggal bertambah jadi 22 orang

Kedatangan jemaah haji Kloter 06 Debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan tepat waktu sesuai dengan jadwalnya. Tidak seperti dengan beberapa kloter sebelumnya yang sempat telat.

"Mereka semua sudah menjalani rukun hajinya dan mereka berada di Arab Saudi selama sekitar 40 hari," katanya.

Seluruh jemaah haji kloter 06 UPG ini, selanjutnya diangkut menggunakan Bus Damri menuju Asrama Haji Sudiang dan  akan dilakukan prosesi penerimaan secara resmi oleh PPIH Debarkasi Haji Makassar dan selanjutnya diserahkan Kepada PPIH tingkat Kabupaten/Kota bertempat di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Baca juga: Kesehatan jamaah haji dipantau hingga dua pekan sejak kedatangan

Salah satu yang menjadi pemandangan menarik hampir seluruh jamaah haji sudah mengenakan pakaian kebesaran haji khas Bugis-Makassar seperti jubah yang menjadi ciri khas pakaian seorang perempuan suku Bugis yang telah berstatus Hajjah.

Sedangkan jemaah haji laki-laki walaupun sederhana namun mereka juga tidak mau kalah untuk menampilkan busana yang menunjukkan bahwa mereka adalah haji baru. Busana Arab (Gamis) yang biasanya disebut mirip busana Raja Salman juga dikenakannya.

Baca juga: Malaysia puji pengelolaan layanan haji Indonesia
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019