Gubernur Arinal sambut kepulangan jamaah haji Lampung

Gubernur Arinal sambut kepulangan jamaah haji Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut kedatangan jamaah haji asal Lampung Tengah di Asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung, Rabu (21/8/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut kepulangan jamaah haji kloter pertama asal Lampung Tengah yang tiba di Tanah air, di Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung, Rabu (21/8).

Rombongan yang pertama tiba ini merupakan jamaah yang tergabung dalam kloter 5 asal Lampung Tengah.

Gubernur mengucapkan syukur atas kepulangan jamaah haji yang pulang ke Tanah Air dengan selamat dan berdoa semoga menjadi haji yang mabrur.

Arinal pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Lampung terus berjuang dalam mewujudkan Bandara Internasional Raden Intan II sebagai Bandara Embarkasi Haji penuh.

Sehingga masyarakat Lampung dapat melakukan ibadah haji/umroh langsung menuju Jeddah pada akhir tahun ini dan lebih efisien waktu dan biaya.

"Jika pelaksanaan haji/umroh ini terwujud, maka penerbangan internasional akan semakin cepat. Hal ini sebagai langkah awal Bandara Internasional Raden Intan II dan embarkasi haji penuh," ujarnya.

Pemerintah Provinsi, lanjut dia, telah berkoordinasi dengan seluruh pihak baik dari Kementerian Perhubungan RI Angkasa Pura II, dan pihak maskapai untuk melakukan percepatan peningkatan kapasitas Bandara Internasional Raden Intan II.

Baca juga: Jamaah haji Debarkasi Makassar meninggal bertambah jadi 22 orang

“Insya Allah, awal September nanti Menteri Perhubungan, Gubernur Lampung dan pihak Angkasa Pura akan membuat nota kesepahaman, sehingga pada 2020 Lampung akan menjadi embarkasi haji penuh. Jadi jamaah haji asal Lampung akan kita berangkatkan langsung dari Bandara Internasional Raden Intan II menuju Jeddah tanpa harus transit di Jakarta," ujarnya.

Ia juga menyampaikan pada 2020 mendatang Bandara Internasional Raden Intan II juga akan terkoneksi dengan kereta api bandara, yang saat ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan RI.

Sementara itu, Ketua Kloter 5 selaku Pemandu Haji Indonesia H. Muslim Umar menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan terhadap Gubernur Lampung dan segenap panitia penyelenggara haji 2019.

“Alhamdulillah, kloter 5 pulang dengan formasi lengkap sehat wal'afiat. Semua berkat dukungan dan bantuan Pemerintah Provinsi Lampung dan segenap panitia yang membantu kelancaran dan kemudahan bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah haji maupun berbagai keperluan sehari-hari mulai dari Lampung ke Tanah Suci bahkan hingga kembali lagi ke Lampung," katanya.

Ia menambahkan, pada tahun ini jamaah haji mendapatkan pelayanan yang sangat baik, mulai dari akomodasi, transportasi yang difasilitasi oleh pemerintah sangat nyaman dan mudah di akses.

Ia juga sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah soal konsumsi yang memasukkan makanan khas daerah asal jamaah dalam menu.

Baca juga: Kesehatan jamaah haji dipantau hingga dua pekan sejak kedatangan
Baca juga: Bupati Gowa sambut 450 Jamaah Haji
Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019