Dua bakal calon bupati jalani tes urine

Dua bakal calon bupati jalani tes urine

Bakal calon Bupati Kepulauan Sula Asrul Gailea saat menjalani tes urine di BNNP Maluku Utara. ANTARA/Abdul Fatah

Ternate (ANTARA) - Dua calon peserta Pilkada Serentak 2020, Samsul Baba (bakal calon Bupati Halmahera Timur) dan  Asrul Gailea (bakal calon Bupati Kepulauan Sula) menjalani tes urine di Klinik Pratama, Kantor BNNP Maluku Utara.

Kabid P2M BNNP Malut Hairuddin Umaternate di Ternate, Selasa, menyatakan hasil pemeriksaan urine terhadap dua bakal calon bupati itu negatif. Hal ini dibuktikan dengan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika (SKHPN) yang ditandatangani Kepala BNNP Malut dan dokter klinik BNNP setempat.

Hairuddin Umaternate menjelaskan bahwa mereka tes urine untuk penjaringan partai politik yang akan mengusung pencalonan kedua orang itu. Mereka hingga saat ini masih berdinas aktif, yakni Samsul Baba sebagai anggota polisi dan Asrul masih berstatus ASN.

Tes urine ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar ke partai pengusung sebagai bakal calon bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota periode 2020 s.d. 2025.

Sementara itu, Asrul Gailea di sela-sela tes urine menyampaikan keinginannya jika terpilih menjadi Bupati Kepulauan Sula akan memperhatikan generasi anak bangsa yang ada di Kepulauan Sula, salah satunya dengan membentuk BNN Kabupaten Kepulauan Sula.

Baca juga: DPR usulkan calon kepala daerah tes urine

Menurut dia, keberadaan BNN mampu melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan Narkoba di Kepulauan Sula yang rawan peredaran narkoba melalui jalur laut.

Samsul Baba menyatakan siap mengundurkan diri sebagai anggota kepolisian untuk cita-cita pengabdian kepada rakyat di Kabupaten Halmahera Timur.
Bakal calon Bupati Halmaher Timur Samsul Baba usai menjalani tes urine. ANTARA/Abdul Fatah


Sejumlah bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Ternate juga menjalani tes urine sebagai persyaratan pendaftaran partai dalam mengikuti pilkada di daerah setempat pada tahun 2020. Dua calon peserta Pilwakot Ternate, yakni Hasbi Yusuf, S.E. (akademisi) dan Firman Syah, S.E. (wirausahawan) juga ikut menjalani tes urine.

Bahkan, Sekkot Ternate Dr. M. Tauhid Soleman juga melakukan tes urine untuk kepentingan pendaftaran partai sebagai bakal calon Wali Kota Ternate bersama bakal calon yang kini masih menjabat Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Tahir.
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019