Peserta SMN Sulsel ikut upacara HUT RI di Papua

Peserta SMN Sulsel ikut upacara HUT RI di Papua

Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan mengikuti upacara HUT ke-74 RI di Papua bersama seluruh karyawan BRI Kota dan Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (17/8) pagi (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan mengikuti upacara HUT ke-74 RI di Papua bersama seluruh karyawan BRI Kota dan Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (17/8) pagi sekitar pukul 06.00 WIT.

Meskipun diguyur hujan sejak awal upacara, namun para peserta SMN 2019 asal Sulawesi Selatan ini tetap bersemangat dan mengikuti jalannya prosesi acara dengan hikmat hingga selesai.

Para peserta SMN 2019 asal Sulawesi Selatan ini, berseragam putih abu-abu lengkap dengan topi dan atribut lainnya, tak lupa tanda pengenal sebagai peserta program Kementerian BUMN juga menghiasi penampilan masing-masing siswa.

Diva Aulia Zikia peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMAN 16 Makasar kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan dirinya sangat bersemangat dapat ikut serta dalam perayaan Hari Kemerdekaan di Papua.

Sementara itu, Direktur PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Priastomo mengatakan semoga para peserta SMN Sulsel ini dapat lebih mengenal kultur dan kebhinekaan Indonesia dari berbagai agama, suku dan adat khususnya di Papua.

"Kami berharap ke depan para peserta SMN Sulsel ini dapat menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan khususnya untuk bangsa dan negara," katanya.

Sekadar diketahui, Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN di mana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, di mana untuk peserta SMN dari Sulawesi Selatan berjumlah 27 orang.
Baca juga: Peserta SMN Sulsel dijadwalkan upacara bersama dengan karyawan BRI
Baca juga: Peserta SMN Sulsel kunjungi Kampung Nelayan di Papua
Baca juga: Peserta SMN Sulsel diperkenalkan budaya Papua
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019