Sulsel siapkan sertifikasi halal untuk produk lokal 2020

Sulsel siapkan sertifikasi halal untuk produk lokal 2020

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman pada pembukaan Pekan Ekonomi Syariah 2019 di Makassar, Jumat (16/08/2019). ANTARA Foto/HO/Humas BI Sulsel

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman mengatakan Pemrov Sulsel menyiapkan sertifikasi halal pada 2020 untuk produk olahan lokal.

Saat pembukaan Pekan Ekonomi Syariah 2019 yang digelar Bank Indonesia Sulsel di Makassar, Jumat, dia mengatakan, sertifikasi halal untuk produk-produk yang distandarisasi itu akan diberlakukan pada 2020. Pentingnya sertifikasi itu bukan masalah higienisnya saja, tetapi juga tingkat kepercayaan konsumen.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk mendukung produk halal sebagai bagian dari ekonomi syariah itu, kini sedang dibahas di DPRD Sulsel dan jika berjalan dengan lancar, maka akan ketuk palu pada akhir Agustus 2019.

"Bagi UMKM di Sulsel sertifikasinya gratis," ujarnya sembari mengimbuhkan dengan adanya produk bersertifikasi halal itu, tentu akan menguatkan pasar dalam negeri dan menekan produk impor.

Sementara mengenai pengembangan ekonomi syariah, Ketua masyarakat ekonomi syariah Sulsel ini mengakui potensinya sangat besar di Sulsel yang berpenduduk sekitar sembilan juta jiwa yang 80 persen diantaranya adalah muslim.

Dia mengatakan, pemerintah yang memberikan pelayanan pada masyarakat perlu melakukan pendekatan sistem transisi soft out coaching agar dapat membantu pengembangan ekonomi syariah di lapangan.

Sebagai gambaran, tambahnya, praktik hutang-piutang murni ataupun termasuk investasi itu harus jelas diketahui hukum atau syariatnya sesuai ajaran agama Islam. Hal itu dinilai penting agar warga muslim tidak terjebak dengan riba yang diharamkan dalam agama Islam.

Tantangan lainnya, di sektor kepariwisataan pemerintah daerah dituntut menyiapkan destinasi wisata halal karena pangsa pasarnya terus berkembang, seiring dengan perkembangan ekonomi Islam dunia.

Pekan Ekonomi Syariah 2019 yang berlangsung 16 - 18 Agustus 2019 dan dibuka Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman, menghadirkan sejumlah kegiatan seperti talk show, lomba mewarnai desain sajadah, fashion show dan pameran UMKM binaan sejumlah bank pemerintah dan swasta.

Baca juga: Kadin: jaminan produk halal jaga pasar Timur Tengah
Baca juga: Menag sebut sertifikasi halal melalui BPJPH diterapkan bertahap
Baca juga: BPJPH Kemenag ajukan usulan besaran biaya sertifikasi halal

 
Suasana pembukaan Pekan Ekonomi Syariah 2019 dengan sambutan Kpw Bank Indonesia Sulsel Bambang Kusmiarso di Makassar, Jumat (16/08/2019). ANTARA Foto/HO/Ardi
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019