Bengkulu (ANTARA) - Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dedy Ermansyah atau yang akrab disapa Dedy Black terpilih menjadi Wakil Gubernur Bengkulu untuk sisa masa jabatan 2016-2021 dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa.

Dalam rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu itu Dedy memperoleh 33 suara dari 44 suara anggota DPRD Provinsi Bengkulu, mengungguli lawannya dari Partai Hanura Muslihan DS.

Baca juga: PDIP memimpin suara DPRD Provinsi Bengkulu

"Surat suara seluruhnya berjumlah 44 sehingga tidak ada suara tidak sah," kata Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu di DPRD Provinsi Bengkulu Khairul Anwar usai penghitungan surat suara.

Pemungutan suara pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu ini hanya dilakukan satu putaran. Sebelumnya, panitia pemilihan memberikan kesempatan kepada kedua calon wakil gubernur tersebut untuk bermusyawarah.

Baca juga: DPRD Bengkulu Minta Pemprov Tindaklanjuti Temuan BPK

Namun, musyawarah ini tidak membuahkan hasil di mana Dedy dan Muslihan sama-sama menginginkan pemilihan dilakukan dengan mekanisme pemungutan suara.

"Berita acara musyawarah sudah ditandatangani kedua calon artinya pemilihan dilanjutkan dengan pemungutan suara," kata Anwar.

Pemungutan suara ini dilakukan berdasarkan urutan absensi anggota dewan yang hadir dalam sidang paripurna pemilihan wakil gubernur.

Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri diberikan kesempatan pertama menggunakan hak pilihnya.

Giliran selanjutnya bergantian Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, Suharto, dan Elvi Hamidi. Kemudian dilanjutkan seluruh anggota dewan.

Sidang paripurna ini dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Paripurna pemilihan ini diawali dengan pembacaan visi dan misi masing-masing calon.

Dedy Ermansyah sebelumnya menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Bengkulu periode 2014-2019. Ia mengundurkan diri sebagai anggota dewan ketika mencalonkan diri sebagai wakil gubernur.

Ia pernah menjabat Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu sebelum akhirnya diganti Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli.

Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar April 2019, Dedy dipercaya oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai Komando Pemenangan Wilayah Partai Nasdem Provinsi Bengkulu.

Di bawah komando Dedi, DPW Partai Nasdem Bengkulu meraih lima kursi di DPRD Provinsi Bengkulu pada Pemilu 2019. Dengan hasil itu DPW Partai Nasdem Bengkulu berhak atas kursi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu. Dedy juga sempat mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu dalam Pemilu 2019 dari Dapil Seluma namun gagal terpilih.

Pewarta: Helti Marini S
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019