Tiga siswa SLB Jambi ikut program Siswa Mengenal Nusantara 2019

Tiga siswa SLB Jambi ikut program Siswa Mengenal Nusantara 2019

Pelajar Jambi yang ikut program SMN 2019 ke Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto Dodi Saputra/Antaranews)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak tiga siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jambi bergabung bersama puluhan siswa dan siswi lainnya untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 mewakili Provinsi Jambi ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Jumlah peserta program SMN 2019 Jambi sebanyak 23 orang, 20 dari SMA dan SMK serta tiga lainnya diseleksi dari siswa SLB. Selasa ini mereka memulai aktifitas," kata Corporate Secretary PT Semen Batu Raja (SMBR) Basthony Santri selaku PIC SMN 2019 Provinsi Jambi melalui Bagian CSR Aprizal di Jambi, Selasa.

Sementara itu pelaksanaan program SMN 2019 di wilayah Jambi diselenggarakan oleh BUMN yakni PT Semen Baturaja, PT Jiwasraya dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 6.

Ketiga pelajar SLB tersebut akan bergabung dengan siswa lainnya, serta menyertakan satu guru pendamping buat mereka yang akan mendampingi selama beraktifitas.

Ia menyebutkan, kuota peserta SMN 2019 Jambi sama dengan tahun lalu yakni sebayak 20 orang, serta dua guru pendamping.

Rencananya tim SMN 2019 Jambi akan berangkat menuju NTT pada Kamis (15/8) . Namun sehari sebelumnya duta-duta pendidikan Jambi tersebut akan mengikuti sejumlah pelatihan seperti jurnalistik, penulisan artikel, foto dan video vlog yang bersinergi dengan Perum LKBN Antara Biro Jambi.

Dengan pelatihan tersebut, diharapkan para peserta SMN 2019 akan mendapat bekal pengetahuan untuk menulis berita dan artikel, teknik fotografi serta membuat video vlog yang baik dan benar di media sosial.

Pembekalan juga dilakukan tentang seni budaya daerah. Peserta mendapatkan pelatihan menari dan menyanyi serta pengenalan budaya-budaya khas Jambi. Kemampuan mereka menari dan menyanyi nantinya akan dipertontonkan pada saat mereka berada di Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, juga akan diperkenalkan tentang pengetahuan tentang BUMN dan Kementerian BUMN yang akan disampaikan oleh Direksi dari PT Semen Baturaja (SMBR).

Tim akan bertolak menuju NTT. Sama halnya dengan tim SMN 2019 NTT akan tiba pada 15 Agustus 2019 di Jambi untuk selanjutnya akan difasilitasi oleh BUMN PIC di Provinsi Jambi yakni PT Semen Baturaja, PT Jiwasraya (Persero) serta PTPN6.

Sementara itu Bidang CSR PT Semen Baturaja, Aprizal menyebutkan timnya sudah siap untuk memberangkatkan para siswa dan menerima kedatangan siswa SMN dari NTT. Kegiatan SMN 2019 sebagian besar dipusatkan di wilayah Kota Jambi dan sekitarnya.

Sedangkan untuk kunjungan ke unit usaha BUMN, tim SMN NTT akan mengunjungi Perkebunan Teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci, yang merupakan unit usaha dari PTPN6. Sebelumnya, tempat yang sama juga dikunjungi oleh siswa-siswi SMN 2018 dari Maluku Utara pada tahun 2018.
 
Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019