Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Muslim Indonesia di Davao City, Filipina, melakukan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

Tahun ini, ibadah shalat Id dilaksanakan di kanopi Sekolah Indonesia Davao.

“Ibadah Qurban yang kita peringati adalah ibadah untuk mengenang dan mengambil pelajaran dari peristiwa kepatuhan dan keikhlasan Hajar, Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT secara total,” demikian disampaikan Kepala Sekolah Indonesia Davao, Agus, dalam khotbah Idul Adha 1440 H, seperti dikutip dari keterangan tertulis KJRI Davao, Minggu.

Selain dijalankan oleh masyarakat Muslim Indonesia di Davao City, shalat Idul Adha tersebut juga diikuti oleh masyarakat Muslim Filipina.

Selesai shalat, Konsul Jenderal RI Davao City Dicky Fabrian berkenan untuk bersilaturahmi bersama jamaah sambil menunggu persiapan pemotongan hewan.
Perayaan Idul Adha 1440 H oleh KJRI Davao, Filipina, Minggu (11/8/2019). (KJRI Davao)



Hewan kurban untuk tahun ini terkumpul empat ekor sapi dan delapan ekor kambing.

Beberapa ekor kambing diserahkan serahkan untuk masyarakat Indonesia di beberapa daerah, selanjutnya sisanya akan dipotong dan didistribusikan dagingnya kepada masyarakat di sekitar Davao City

“Selain untuk beribadah, pembagian daging hewan kurban kepada masyarakat Davao dan sekitarnya diharapkan juga bisa semakin mempererat hubungan people to people masyarakat Indonesia dengan masyarakat Filipina, khususnya Davao City,” ujar Konjen RI di sela-sela pemotongan hewan di halaman Gedung House of Indonesia.

Baca juga: Semangat HUT RI ke-74 mulai dikobarkan di Davao, Filipina

Baca juga: Pelindo IV bakal bangun Manado Marine Bay pada 2020




 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019