Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pura Aditya Jaya di Rawamangun, Jakarta Timur, menyiapkan tempat parkir bagi umat Islam yang melaksanakan salat Id di Masjid At Taqwa yang letaknya bersebelahan dengan pura tersebut.

"Kalau parkir di kawasan masjid sudah penuh, nanti bisa parkir di halaman pura sebelah depan," kata Ketua Pengurus Pura Aditya Jaya Nyoman Sucahya di Jakarta, Minggu.

Menurut Nyoman, hal itu sebagai bentuk toleransi antarumat beragama yang sudah terjalin sejak pura itu berdiri pada tahun 1972.

Petugas keamanan dan petugas kebersihan pura, lanjut dia, siap membantu mengatur kendaraan umat Islam yang akan parkir di halaman pura.

Baca juga: Anies lakukan salat Id ditemani anaknya

Baca juga: Anies lepas 852 petugas pemeriksa daging kurban

Baca juga: Anies serahkan sapi Limousin ke panitia kurban


Ketika umat Hindu melaksanakan Hari Raya Galungan, Kuningan, Tawur Agung Nyepi, Saraswati, Pagerwesi, dan upacara besar lainnya, kata Nyoman, pengurus masjid juga melakukan hal serupa.

Sementara itu, pengurus masjid Abimayu menyambut baik inisiatif tersebut sebagai salah satu bentuk toleransi antarumat beragama.

"Setiap ada hari besar keagamaan kami saling bantu," katanya.

Sementara itu, gema takbir sudah berkumandang di masjid yang terletak di Jalan Daksinapati Raya, Rawamangun, Jakarta Timur itu.

Sejak pukul 06.00 WIB, umat Islam mulai berdatangan ke masjid tersebut untuk menunaikan salat Id menyambut Iduladha 1440 Hijriah.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019