MUA Franky Wu sarankan wanita Indonesia pakai produk cushion lokal

MUA Franky Wu sarankan wanita Indonesia pakai produk cushion lokal

Makeup Artist (MUA) internasional asal Indonesia, Franky Wu saat ditemui di pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (10/8) (ANTARA/Pamela Sakina)

Jakarta (ANTARA) - Penata rias (makeup artist/MUA) Franky Wu menyarankan wanita Indonesia untuk memilih produk cushion compact foundation atau yang dikenal dengan cushion buatan lokal ketimbang merk luar negeri.

Chusion adalah produk alas bedak bertekstur likuid yang dikemas seperti bedak padat.

"Cushion itu kan kita tahu asalnya dari Korea, cuma sekarang udah banyak banget produk lokalnya khusus kulit Indonesia, jadi aku lebih merekomendasikan versi produk lokal," kata Franky kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Pria 26 tahun yang juga anggota forum Female Daily itu mengatakan produk cushion lokal sudah pasti formulanya dibuat menyesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia, serta kondisi iklim tropis.

Menurut dia, cushion Korea Selatan umumnya memiliki warna selaras dengan kulit perempuan Korsel yang cenderung putih. Sementara wanita Indonesia rata-rata berkulit kuning langsat.

Sebelumnya, sempat muncul kritik di kalangan beauty vlogger terhadap variasi warna cushion yang dikeluarkan oleh merk-merk lokal.

Menurut beberapa dari mereka, pilihan warna cushion lokal cenderung tidak sesuai dengan warna dasar kulit (undertone), sehingga saat diaplikasikan justru membuat muka terlihat abu-abu.

Namun, Franky membantah hal itu dan mengatakan saat ini sudah banyak produk cushion dalam negeri yang punya banyak variasi warna dengan undertone kuning, sesuai kulit Indonesia.

"Enggak sih, kalau aku lihat sekarang mereka (produk cushion lokal) sudah menyediakan warna yang variatif dan tone warnanya juga sudah ada yang kuning kok, udah oke untuk kulit Indonesia," ujar MUA Indonesia, Malaysia, dan Hong Kong itu.
 
Makeup Artist (MUA) internasional asal Indonesia, Franky Wu merias model pada saat kelas makeup di pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (10/8) (ANTARA/Pamela Sakin


Rekomendasi merk cushion lokal

Franky pun merekomendasikan beberapa merek cushion lokal yang menurutnya bagus dan berkualitas, seperti Pixy, Make Over, dan Wardah.

"Tiap merk cushion itu ada karakternya masing-masing, tinggal gimana kondisi kulit teman-teman. Kalau kulitnya kering coba pakai cushion Pixy, karena hasilnya nanti akan lebih melembapkan dan glowing," ucapnya.

Untuk kulit berminyak, kata dia, akan lebih cocok menggunakan cushion dari Make Over, karena hasilnya matte dan tahan minyak.

Terakhir, untuk kulit normal, Franky merekomendasikan merk cushion dari Wardah.

"Tapi kalau kulit teman-teman enggak kering enggak berminyak juga, pakai yang Wardah, karena memang cocok untuk kulit normal," kata dia.

Saat ditanya soal kualitas antara cushion dan foundation, Franky mengatakan keduanya sama-sama baik, tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna.

"Cushion itu lebih cenderung ke pemakaian sehari-hari sih karena lebih ringan dan tipis, tapi kalau dirasa tidak butuh foundation ya cushion aja udah cukup kok," kata Franky.

Baca juga: Jangan lupakan tabir surya saat akan merias wajah

Baca juga: Sering salah, begini cara hitung masa kedaluwarsa produk kecantikan

 
Pewarta : Pamela Sakina
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019