Tiket kereta libur Idul Adha di Daop Madiun terjual habis

Tiket kereta libur Idul Adha di Daop Madiun terjual habis

Sejumlah penumpang sedang menunggu kereta di Stasiun Madiun. (Istimewa/Humas Daop 7 Madiun)

Madiun (ANTARA) - Tiket sejumlah kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif di wilayah PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Jawa Timur, selama libur akhir pekan bersamaan dengan Idul Adha 1440 Hijriah telah terjual habis.

"Sesuai data tiket untuk kereta yang peroperasiannya ada di wilayah Daop Madiun telah terjual habis baik yang dari Jakarta tujuan Madiun dan Blitar maupun sebaliknya. Seperti KA Brantas reguler, KA Singasari, dan KA Majapahit," ujar Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan data penjualan tiket pada tanggal 9 sampai dengan 10 Agustus 2019 keberangkatan dari Pasar Senen ke arah Daop 7 Madiun untuk tiket KA Brantas reguler, KA Singasari, dan KA Majapahit telah habis terjual.

Demikan juga untuk keberangkatan dari Blitar tujuan Pasar Senen pada tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2019 pada KA Brantas reguler dan KA Singasari telah habis terjual.

Ixfan menjelaskan secara umum terjadi peningkatan jumlah penumpang saat akhir pekan di wilayah Daop Madiun, terutama Stasiun Madiun. Terlebih, akhir pekan ini bersamaan dengan hari raya Idul Adha.

Stasiun Madiun di hari biasa melayani penumpang sekitar 1.900 orang per hari, dan di akhir pekan meningkat di kisaran 2.100 hingga 2.500 penumpang.

Diperkirakan ada kenaikan penumpang sekitar 10 persen di Stasiun Madiun dibandingkan hari akhir pekan biasa pada libur Idul Adha kali ini. Demikian juga di sejumlah stasiun besar di wilayah Daop Madiun.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Idhul Adha, Daop Madiun telah mengoperasikan KA Brantas Tambahan relasi Blitar-Pasar Senen, Jakarta.

Ixfan menambahkan perjalanan KA Brantas Tambahan tersebut difokuskan pada arus balik besok hari Minggu (11/8). Adapun rangkaian yang digunakan adalah tujuh kelas bisnis (K2) dan satu MP2 (kereta pembangkit) dengan kapasitas 448 tempat duduk.

"Harga tiketnya mencapai Rp365.000 per orang. Pembelian tiketnya telah dibuka pada hari Jumat (9/8)," terang Ixfan lanjut.

Adapun, KA Brantas Tambahan akan berangkat dari stasiun awal Blitar pada jam 13.55 WIB. Kemudian, datang di Stasiun Madiun jam 16.43 WIB dan berangkat jam 16.50 WIB untuk melanjutkan perjalanan hingga tujuan akhir Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Baca juga: Kompensasi dampak listrik padam, KRL "refund" tiket hingga 11 Agustus
Baca juga: KCI layani pembatalan tiket hingga 11 Agustus
Baca juga: Tiket KA Bandara Soekarno-Hatta didiskon hingga 57 persen

 
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019