Orientasi kuliah sekarang bukan untuk mencari pekerjaan, tapi harus diubah untuk menciptakan lapangan pekerjaan
Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengajak mahasiswa untuk dapat menciptakan peluang kerja demi meningkatkan kesejahteraan ke depan.

Andi Sudirman mengatakan sesuai kebutuhan zaman, orientasi kuliah saat ini harus diubah. Mahasiswa pun harus memanfaatkan semua kelebihan untuk berinovasi dan kreatif.

"Orientasi kuliah sekarang bukan untuk mencari pekerjaan, tapi harus diubah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Saya berharap Panitia Pelaksana Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Teknik Unhas ini menjadi awal prestasi panjang dari Unhas. Mari ciptakan peluang dengan berkolaborasi dan bersinergi," katanya dalam kegiatan P2KMB di Kampus Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) di Gowa, Jumat.

Andi Sudirman yang juga merupakan alumni Fakultas Teknik Unhas menyampaikan bahwa mahasiswa baru merupakan orang orang terpilih dan kesempatan tersebut tidak boleh disia-siakan.

"Solidaritas mahasiswa teknik harus terus kuat, baik di luar maupun di dalam kampus," katanya.

Dekan Fakultas Teknik Unhas Muhammad Arsyad mengatakan, tahun 2019 ini Fakultas Teknik menerima 1027 Mahasiswa baru dari 13 departemen yang ada.

"Jumlah mahasiswa baru sebanyak 1027, dari berbagai jalur. Misalnya saja jalur SNMPTN, SBMPTN, JNS jalur kerja sama, jalur afirmasi adik Papua dan daerah 3T," katanya.

Dalam rangka mengembangkan karakter para mahasiswa baru, Fakultas Teknik berinovasi dengan sistem "boarding" di mana selama satu tahun, mahasiswa akan mengikuti pelatihan karakter di asrama yang diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa yang berkarakter maritim.

Baca juga: Mahasiswa 20 negara ikuti Unhas International Cultural

Baca juga: Mahasiswa Unhas sulap emisi karbon jadi oksigen

Baca juga: 12 mahasiswa Jepang belajar kakao di Universitas Hasanuddin

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019