Diskominfo Biak pasang jaringan layanan internet 19 distrik

Diskominfo Biak pasang jaringan layanan internet 19 distrik

Kadiskominfo Biak Salmon Yensenem SE (nomor 3 dari kiri) bersama peserta penyuluhan bahasa pasca penutupan pelatihan penyuluhan bahasa Indonesia bagi media massa di Biak,Jumat (9/8).(ANTARA News Papua/Muhsidin)

Biak (ANTARA) -
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Biak Numfor, Papua telah memasang jaringan internet di 19 pemerintahan distrik dalam upaya meningkatkan pelayanan teknologi informasi berbasis digital kepada warga kampung.

"Pemkab Biak Numfor melalui dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merealisasikan pelayanan jaringan internet menggunakan satelit Vsat,"ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Biak Salmon Yensenem seusai menutup pelatihan penyuluhan Bahasa di Biak, Jumat.

Kadis Kominfo Salmon mengakui, selain pemasangan internet di 19 distrik pihak Diskominfo Biak Numfor sudah menyediakan layanan internet di berbagai kantor Klasis GKI serta lembaga pendidikan dan perguruan tinggi.

Dia mengakui, jika warga di berbagai kampung membutuhkan layanan internet dapat memanfaatkan fasilitas di kantor pemerintah distrik setempat.

"Kemajuan teknologi informasi melalui layanan internet sudah merambah di berbagai kelompok masyarakat hingga ke kampung dan kepulauan,"ujarnya.

Salmon mengakui, kebutuhan teknologi informasi yang sangat langsung dirasakan warga di berbagai kampung yakni layanan jaringan telepon seluler (BTS).

Dampak pelayanan telepon seluler, menurut Kadiskominfo Salmon, sampai saat ini sudah dapat dinikmati masyarakat berbagai kampung Kabupaten Biak Numfor.

"Adanya layanan telepon seluler menjadikan warga berbagai kampung dan kepulauan dapat berkomunikasi dengan sanak keluarga di tempat lain, ya ini satu kemajuan teknologi yang langsung dinikmati masyarakat,"ujarnya.

Berdasarkan data kebutuhan layanan internet di Kabupaten Biak Numfor hingga 2019 menggunakan Indihome dari PT Telkom serta fasilitas satelit melalui jaringan VSAT.

Pewarta: Muhsidin
Pewarta : Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019