Para mahasiswa peserta program kuliah lapangan luar negeri FISIPOL UMP ini lebih pas disebut tahapan dari magang untuk menjadi Diplomat, atau dapat berkiprah dan berkarir di KJRI/KBRI. Walaupun harus melalui berbagai tahapan dan persyaratan yang tida
Palangka Raya (ANTARA) - Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) yang merupakan unit kerja dari Kedutaan Besar Indonesia yang tersebar di seluruh negara mengapresiasi pola perkuliahan lapangan Lluar negeri para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah (FISIPOL UM) Palangkaraya yang terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun.

“Consulate General of The Republic of Indonesia” KJRI di Kinabalu Negara Bagian Sabah Malaysia secara khusus menyampaikan apresiasi terhadap visi global UM Palangkaraya dalam menyiapkan mahasiswa berwawasan internasional yang merupakan tuntutan dalam interaksi antar negara.

Apresiasi disampaikan Konsul Pelaksana Fungsi Konsuler I KJRI Kinabalu Sabah, M.Muhsinin Dolisada kepada Kepala Lembaga Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga FISIPOL UMP Novianto Eko Wibowo,M.AP saat pengantaran mahasiswa kuliah lapangan LN di KJRI Sabah, Jumat.

Kedubes RI menyebut program perkuliahan lapangan luar negeri merupakan kebutuhan penting bagi mahasiswa yang dipastikan ke depan semakin dihadapkan pada kompetisi global dalam meraih berbagai peluang dalam dunia kerja dan pengembangan karier.

Mahasiswa FISIPOL UM Palangkaraya yang menjalani perrkuliahan lapangan di KJR Kinabalu Sabah Malaysia diberikan pengetahuan dan pengalaman langsung dalam urusan “transnasional” atau antar negara.

Mahasiswa peserta kuliah lapangan selama satu bulan di luar negeri juga diberikan pengetahuan dan empirikal yaitu bagaimana Pemerintah Indonesia melakukan perlindungan dan pelayanan publik terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Negara lain.

Mahasiswa diberikan kesempatan berinteraksi dengan masyarakat internasional di luar negeri dalam berbagai bidang sosial budaya, Keimigrasian, serta berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KJRI, ujar Novianto.

“Para mahasiswa peserta program kuliah lapangan luar negeri FISIPOL UMP ini lebih pas disebut tahapan dari magang untuk menjadi Diplomat, atau dapat berkiprah dan berkarir di KJRI/KBRI. Walaupun harus melalui berbagai tahapan dan persyaratan yang tidak mudah,” ucap Muhsinin didampingi Konsoler Bidang Pensosbud KJRI Kinabalu Sabah Malaysia, Iman Bidang Pensosbud.

Para mahasiswa juga kita libatkan dalam suasana nasionalisme di luar negeri yaitu menyambut Hari Kemerdekaan RI dan Hari Raya Iedul Adha 1440 Hijriyah beberapa ke depan.

Mahasiswa FISIPOL UMP kuliah lapangan untuk penempatan KJRI Kinabalu Negara Bagian Sabah, Malaysia yaitu Yulida Arifah, Iga Fajar Fitrianto, dan Feri Irawan. Mereka bagian dari 19 mahsiswa peserta kuliah lapangan di sejumlah Negara untuk semester ganjil 2019.

Baca juga: Fisipol UM Palangkaraya perluas kuliah lapangan luar negeri

Baca juga: Pengemplangan gaji PMI di Saudi diduga akibat penyalahgunaan visa

Baca juga: KJRI Jeddah tindaklanjuti aduan pengemplangan gaji pekerja migran


Pewarta: Muhammad Yusuf
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019