Kuala Lumpur, 21/2 (Antara/Reuters) - Pemerintah Singapura mengingatkan Italia bahwa dugaan gembong pengatur hasil pertandingan Tan Seet Eng, juga dikenal dengan nama Dan Tan, akan tiba di Milan menggunakan pesawat beberapa jam lagi, demikian diungkapkan polisi internasional Interpol, Kamis.

"Orang itu dicari Pemerintah Italia karena diduga terlibat dalam pengaturan pertandingan dalam organisasi yang berada di Singapura dan diorganisir Tan Seet Eng," kata Ronald Noble, Sekjen Interpol, yang berbicara dalam konferensi internasional untuk memerangi pengaturan pertandingan, di ibukota Malaysia di Kuala Lumpur.

"Ia bukan kewarganegaraan Singapura," katanya. Penyelidikan gabungan antara Europol - agen anti kriminal Eropa serta petinggi pengadilan nasional - mengidentifikasikan ada sekitar 680 pertandingan yang diatur hasilnya, termasuk babak penyisihan Piala Dunia serta Kejuaraan Eropa, di antaranya Liga Champions.

Pemerintah Italia mengeluarkan surat penangkapan Dan Tan, yang diduga tokoh di balik layar sindikat pengaturan pertandingan yang bermarkas di Singapura. Singapura bekerja sama dengan Pemerintah negara Eropa dalam meneliti sindikat itu tapi berada dalam tekanan untuk menangkat dan mengekstradisi pelaku utama yang dicurigai.

Noble mengatakan, gembong judi terbang dari Singapura Kamis dan akan ditahan di Bandara Milan.

(Uu.SYS/C/A.R. Loebis/C/A. Budiman) 21-02-2013 14:59:51

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013