Calon Bupati Mandailing Natal nomor urut 1, Harun Musthafa Nasution melakukan diskusi seputar visi dan misi pasangan "On Ma" dengan Generasi Z (Gen Z) di cafe Daun jalan Prof Andi Hakim Nasution, Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan, Minggu (20/10).

Bicara santai bertemakan "Tanya Harun" tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa itu juga diwarnai dengan tanya jawab antara audiens dengan Cabup Harun Mustafa Nasution seputar misi - visi pasangan calon.

Sejumlah pertanyaan pada acara itu mengarah kepada komitmen pasangan calon Harun - Ichwan dalam pengembangan generasi muda.

Menanggapi sejumlah pertanyaan tersebut, Harun Musthafa Nasution menjelaskan komitmennya atas penguatan generasi muda dengan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan yang baik supaya generasi muda dapat mengimplementasikan pengetahuannya agar lebih produktif.

Saat ini kata Harun, masih banyak generasi muda yang belum memperoleh pendidikan yang cukup. Ini berdasarkan kelompok umur dan kualifikasi pendidikan yang ada.

Untuk itu, kata dia, generasi muda yang potensial itu harus difasilitasi untuk melanjutkan pendidikannya minimal sampai jenjang perguruan tinggi. Apalagi saat ini para generasi muda harus memiliki skill. 

"Persaingan semakin ketat dalam mendapatkan pekerjaan. Jadi generasi muda harus bisa mandiri," katanya.

Untuk misi lainnya kata Harun Mustafa Nasution dalam pembangunan infrastruktur pendidikan, kedepan akan melakukan rehabilitasi dan pembangunan sekolah baru bagi daerah yang membutuhkan. Dan ini juga menjadi agenda misi kepemimpinan pasangan Harun- Ichwan apabila dipercaya meminpin Mandailing Natal kedepan.

Untuk mendukung program misi ini semua, jelas Harun harus di lengkapi dengan misi seperti memberikan penilaian atau reward  bagi tenaga pendidik yang berprestasi. Kemudian memberikan motivsi yang berhubungan dengan daya saing, kreatifitas dan inovasitas.

Selain itu akan menambah alokasi anggaran bea siswa bagi Hafiz dan Tahfiz serta anak didik dan mahasiswa berprestasi.

"GenZ harus mampu menghadapi tantangan zaman, karena jelas kunci keberhasilan itu ada di tangan masing masing. Kemauan merubah hidup itu harus dari diri sendiri. Ciptakan sendiri lapangan kerja nanti Pemerintah akan hadir mendukung," ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024