Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Bobby Nasution menyiapkan subsidi dan perbaikan infrastruktur jalan untuk membantu petani, di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
 
Hal itu disebutkan Bobby usai mendengar langsung aspirasi masyarakat dan petani, di Alun-alun Sipirok, Kabupaten Tapsel, Sumut, Sabtu (28/9).
 
"Program utama Presiden terpilih Pak Prabowo salah satunya adalah sektor pertanian. Siapapun calon kepala daerah, jika menyusun visi-misi ada guide line. Yakni harus sejalan dan selaras dengan pemerintah pusat, Indonesia emas 2045 dipadankan program di daerah," kata Bobby.
 
Ditekankannya, bahwa program dan kondisi pertanian mesti melihat dan menyesuaikan kondisi perekonomian global yang pasti berefek dengan petani. 
 
Contohnya, urusan distribusi pertanian, kepala daerah punya hak dan kekuatan untuk menjadikan subsidi sebagai solusi untuk membantu petani, termasuk subsidi transportasi petani.
 
"Di Medan pernah subsidi, bantu subsidi pertanian dari Batubara, Deli Serdang, pastikan petani mendapatkan harga yang masuk akal walau sedang murah," ujarnya. 
 
Ketika masa panen raya akan dibeli lagi dengan harga yang sudah ditetapkan. "Kalau sudah paceklik juga tidak boleh jual lebih tinggi. Harus bisa disesuaikan di Sumatera Utara kelak dan di kabupaten/kota," papar Bobby.
 
Calon gubernur Sumut ini berharap Tapsel sebagai daerah penghasil bisa terkoneksi dengan daerah sekitarnya agar lebih memantapkan perputaran perekonomian.
 
Kemudian untuk infrastruktur, Bobby juga sangat optimistis bisa membangun kabupaten/kota di Sumatera Utara dengan menggunakan APBD provinsi. 
 
"Katanya APBD tak cukup bangun jalan di Sumut karena terpanjang di Sumatera. Di Medan panjang jalan kita lumayan, tapi bisa kok. Caranya ya anggaran APBD itu memang benar-benar digunakan untuk pembangunan yang berguna," tutur menantu Presiden Joko Widodo ini.
 
Obama, petani Tapsel beberapa saat sebelumnya menjelaskan, bahwa hasil pertanian di Tapsel, seperti kopi, gula aren cukup dikenal, dan bahkan sudah diekspor. 
 
Namun masih ada persoalan pupuk, budi daya hingga distribusinya. "Oleh karena itu, kami ingin Bobby Nasution punya solusi membantu kesulitan petani selama ini," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024