Vandiko Timotius Gultom menyumbangkan gajinya sebagai Bupati Kabupaten Samosir untuk memberangkatkan 106 orang rombongan Vikariat Samosir mengikuti Misa Agung bersama pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia dan kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus di Indonesia yang akan digelar pada Kamis, 5 September 2024, mendatang di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.



"Peristiwa ini adalah hal yang sangat langka, belum tentu setiap umat Katolik di masa hidupnya berkesempatan bisa melaksanakan Misa suci bersama Paus Fransiskus secara langsung. Gaji ini saya sumbangkan untuk mereka yang terpilih mewakili Kabupaten Samosir," ujar Vandiko usai melepas keberangkatan tiga armada bus rombongan menuju Jakarta, di Gereja Katolik Paroki St Mikhael, Pangururan, Senin (2/9).



Acara diawali doa bersama seluruh jemaat dipimpin Pastor Elio Sihombing yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan keberangkatan rombongan oleh bupati. 



Selanjutnya, Vandiko mengatakan kegiatan ini berawal dari kerinduan masyarakat Samosir ikut merayakan Misa Agung bersama Paus Fransiskus dalam rangkaian perjalanan Apostolik Paus Fransiskus di Indonesia.



Pemkab Samosir melalui Bupati Vandiko Gultom yang meminta usulan kuota peserta kepada Keuskupan Agung, akhirnya disetujui untuk diikutsertakan mengikuti Misa Agung tersebut.



"Harapan saya bagi seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan langka ini sebaik mungkin. Selamat sampai tujuan hingga kembali ke Samosir nantinya. Saya titip pada semuanya untuk ikut mendoakan Kabupaten Samosir tercinta ini agar tetap aman dan pembangunannya semakin meningkat dan berlanjut," harap bupati kepada 106 rombongan Vikariat Samosir.



Pada kesempatan itu juga, Pastor Elio mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian penuh Bupati Vandiko Gultom kepada umat Katolik di Samosir yang memfasilitasi keberangkatan jemaat mengikuti Misa Agung.



"Kami sangat bergembira dan bersyukur atas kebaikan hati pemerintah Samosir dilakukan pak bupati Vandiko untuk mengikuti perjalanan tugas Paus Fransiskus. Dan kepada jemaat, doa tulus menyertai segala rencana yang baik untuk Kabupaten Samosir ini," sebut Pastor Elio mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024