Permainan dengan karakter keras, agresif dan bertenaga sebagai khas Sumatera Utara menjadi modal utama tim futsal putra Sumut menatap perhelatan PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Pelatih futsal putra PON Sumut, Hendrawan Ferdiansyah Harahap di Medan, Senin, mengatakan, untuk mendukung karakter permainan tersebut, kondisi fisik prima menjadi syarat yang harus dipenuhi.

Untuk itu fisik dan stamina menjadi fokus utama yang terus dibenahi menjelang bergulirnya PON September mendatang dan progres anak asuhnya dalam peningkatan fisik dinilai terus menunjukkan hasil positif.

"Aku melihat peningkatan signifikan anak-anak di fisik. Ini aku jadikan senjata, supaya karakter Sumatera Utaranya itu enggak lepas karena kita main di kandang sendiri jadi kita harus punya power, fisik yang bagus, supaya karakter khasnya itu terlihat," ujarnya.

Selain fisik, pembenahan hal-hal kecil tak kalah penting menjadi fokus Wawan menatap PON yang akan berlangsung dua pekan ke depan.

"Sesuai kesepakatan dengan staf pelatih baik putra maupun putri, mulai banyak recovery, dan pembentukan mental," kata Wawan.

Wawan juga mengaku jika timnya saat ini juga fokus untuk pemantapan setpiece atau eksekusi bola mati.

"Kami juga fokus pematangan setpiece, corner kick, eksekusi penalti, itu yang dilatih di fase akhir jelang PON ini. Karena kan di awal kita udah dari persiapan umum, persiapan khusus, dan pra pertandingan," kata dia.

Selanjutnya, perkembangan latihan setpiece akan dipantau dalam beberapa uji coba yang akan digelar.

"Rencana ada uji coba tapi memang belum dipastikan tanggal dan lawannya. Ujicoba untuk memantau seperti apa kemajuan latihan setpiece. Khusus untuk Senin hingga Rabu ini, selain latihan kebugaran ya latihan setpiece," kata Wawan lagi.

Tim Sumut di PON mendatang berada grup A bersama DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur. Laga futsal putra PON Sumut akan kick-off pada 29 Agustus hingga 8 September 2024 di GOR Mini Dispora Sumut.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024