Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir pada Senin (19/8).

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir di wilayah pegunungan, lereng barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Prasetyo, Minggu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Senin (19/8) pagi rata-rata berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir di Labuhanbatu, Pakpak Bharat dan Tapanuli Tengah.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir pada sebagian wilayah Sumatera Utara khususnya di Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari juga berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir di Karo, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Serta pada dini hari berpotensi hujan lebat di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya

Suhu udara pada Senin rata-rata 14°C – 33 °C, kelembaban udara 55 - 98 persen dan angin berhembus dari Selatan-Utara dengan kecepatan 03 – 13 km/jam.

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Rizky Ramadhan, menyebutkan, nelayan dan pemangku kepentingan lainnya harus waspada potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sumatera bagian utara.

Kondisi gelombang dengan ketinggian 2 hingga 3 meter berpeluang terjadi pada Sabtu malam (18/8) hingga Selasa malam (20/8).

"Waspada gelombang dengan ketinggian berkisar antara 2 hingga 3 meter diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh hingga Kepulauan Nias dan Samudera Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias," katanya.

Pola angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bertiup dari arah barat daya hingga utara dengan kecepatan berkisar antara 2 - 30 knot.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024