Praktisi hukum sekaligus akademisi di Sumatera Utara, Dr Irwansyah Tanjung bicara soal visi melanjutkan pembangunan Kota Medan setelah kepemimpinan Wali Kota, Bobby Nasution. Menurutnya, gagasan besar seorang kandidat di Pilkada 2024 harus diuji.

Dari sejumlah nama yang muncul sebagai Bakal Calon Walikota Medan, Irwansyah melihat sosok El Adrian Shah sebagai tokoh pemuda yang memiliki visi membangun daerah. 

Dengan konsepsi dasar, melanjutkan pembangunan luar biasa, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus meminimalisasi kebocorannya serta peningkatan taraf hidup masyarakat melalui UMKM.

"Apa-apa yang sudah dan sedang dibangun oleh Walikota Medan saat ini, Bobby Nasution, masyarakat harus bisa melihat dan mengamanahkan kepada Calon Walikota yang bisa meneruskan pembangunan yang sudah dirintis selama ini," ujar Dr Irwansyah Tanjung yang juga menjabat Ketua Masyarakat Hukum Pajak Indonesia, Sumatera Utara serta Penasehat Serunai Indonesia (LSM Kebangsaan), Selasa(6/8/2024).

Kata Irwansyah, infrastruktur yang luar biasa terbangun dalam tempo hampir 3,5 tahun di Kota Medan. Bahkan hal itu di luar perkiraan banyak orang. Sehingga, capaian tersebut harus dijaga, dipelihara dan disinergikan keberadaannya.

"Dari perbincangan saya dengan El Adrian Shah, dia sebutkan bahwa apa yang sudah dijalankan oleh Walikota Medan sekarang, Bobby Nasution, harus dilanjutkan. Dan visi beliau sinergi, seperti peningkatan PAD sekaligus mengurangi kebocorannya agar ada optimalisasi anggaran. Mengingat kita tidak bisa mengandalkan APBN dan APBD Provinsi saja," sebut Irwansyah.

Dari diskusinya dengan Ketua DPD KNPI Sumut itu, Irwansyah melihat El Adrian Shah punya gagasan dalam memberdayakan PAD, sekaligus juga meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pemberdayaan UMKM.

"Jadi raihan yang tadinya kecil bisa jadi menengah, dan yang menengah dinaikkan menjadi besar. Dan itu fungsi walikota akan datang, untuk meneruskan apa yang dirintis selama ini," ungkapnya.

Selain itu, Irwansyah yang juga mengajar di sebuah Universitas swasta di Kota Medan, menyebutkan bahwa visi pembangunan dari El Adrian Shah patut diuji. 

Sebab, selain namanya yang sudah cukup dikenal, terutama di kalangan pemuda, serta bersahabat, Ketua DPD Hanura Sumut tersebut diyakininya punya konsepsi hingga sistem yang akan ditawarkan dalam hal pengelolaan PAD Kota Medan.

"Dan sistem pengelolaan PAD itu yang harus kita awasi nanti. Namun yang juga penting, bagaimana antara Pemko Medan dan Pemprov Sumut nantinya, jika Bobby Nasution menjadi Gubernur Sumatera Utara, bisa bersinergi. Dan kita harus menguji gagasan besar El Adrian Shah dari visinya yang luar biasa bagi keberlanjutan pembangunan Kota Medan di masa mendatang," pungkasnya.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024