Dua tim perwakilan dari Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai (INSAN) berhasil meraih prestasi gemilang dalam ajang International Business Plan Competition ASEAN 2024 yang diadakan di Universitas Sains Islam Malaysia. 

Ajang bergengsi ini diikuti oleh sekitar 60 delegasi dari 13 kampus di Indonesia dan Malaysia, termasuk INSAN Binjai, UIN Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Tanggerang, Universitas Mercu Buana, Universitas Bhayangkara Jakarta, Universitas Muria Kudus, STIESA Subang, Politeknik Negeri Batam, ITB Widya Lumajang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Budi Luhur, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Sains Islam Malaysia.

Dari INSAN Binjai, diutus enam mahasiswa sebagai delegasi yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (Fitri Nada Zahira, Ikhsan Padlu Pamungkas, Adelia Putri) dan tiga mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (Febi Julia Ariska, Faisal Nasution, Amira Khansa Aqilah). 

Mereka bersaing dengan delegasi lainnya dalam seleksi final top 23 yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2024 di Fakultas Ekonomi dan Muamalat, Universitas Sains Islam Malaysia.

Prestasi membanggakan diraih oleh Tim 1 INSAN yang mewakili Program Studi Ekonomi Syariah, berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi tersebut. Keberhasilan ini menunjukkan kualitas dan dedikasi tinggi dari mahasiswa INSAN dalam bidang bisnis dan ekonomi syariah. 

"Kami bangga dengan pencapaian ini, menunjukkan bahwa INSAN Binjai mampu bersaing di tingkat internasional," ujar Dr. Raja Sakti Putra Harahap, Wakil Rektor I INSAN Binjai.

Tidak hanya itu, Tim 2 INSAN yang mewakili Program Studi Perbankan Syariah juga meraih prestasi dengan nominasi "Best Paper Analysis Investasi Usaha Terbaik". 

Penghargaan ini diberikan atas analisis mendalam dan inovatif yang mereka lakukan dalam proposal bisnis mereka. Penghargaan ini adalah bukti bahwa mahasiswa INSAN memiliki kemampuan analisis yang kuat dan dapat memberikan solusi inovatif dalam dunia bisnis.

Keberangkatan keenam delegasi INSAN ke Malaysia didampingi oleh Abi Waqqosh, S.E.I., M.E.I., Kepala Program Studi Ekonomi Syariah, yang memberikan bimbingan dan dukungan penuh kepada para mahasiswa. 
Sebelum keberangkatan, para mahasiswa juga mendapat arahan dan motivasi dari Warek I Dr. Raja Sakti Putra Harahap, M.E.I., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr. Elida Elfi Barus, M.A., dan dosen yang membimbing mereka, Darmaida Sari, S.Pd., M.Pd.

Prestasi yang diraih oleh kedua tim ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi dalam berbagai kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024