Universitas Sumatera Utara (USU) menyediakan daya tampung sebanyak 2.891 kursi untuk mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025 yang diterima melalui jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM).

Rektor USU Prof Muryanto Amin di Medan, Rabu, mengatakan daya tampung yang tersedia tersebut rinciannya yakni 2.692 kursi untuk program S1, 109 program D4 dan 90 orang untuk program D3.

Ujian seleksi jalur SMM digelar selama dua hari  (17-18 Juli 2024) dan pengumuman pada 26 Juli 2024.


Ujian digelar di sejumlah lokasi seperti di Fakultas Psikologi, FMIPA, Fasilkom-IT, Fakultas Teknik, FISIP, pusat bahasa, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Vokasi.



"Peserta yang mengikuti seleksi melalui jalur SMM kali ini sebanyak 5.396 orang. Adapun materi ujian yakni potensi skolastik, penalaran matematika, literasi Bahasa Indonesia dan literasi Bahasa Inggris," katanya usai meninjau pelaksanaan ujian hari pertama SMM 2024.

Muryanto menjelaskan jumlah peserta SMM di USU turun dibanding tahun lalu. Hal itu dikarenakan kebijakan dari pusat yang tidak memperbolehkan peserta yang telah lolos jalur seleksi lain ikut mendaftar di SMM.

"Jika dibanding tahun lalu, memang ada penurunan. Tahun lalu, peserta kurang lebih 6.000-an. Penurunan itu karena kebijakan yang tidak membolehkan peserta yang telah lolos SPMB mendaftar di SMM," katanya.

Ditanya soal uang kuliah tunggal (UKT), Muryanto menjelaskan untuk besaran UKT peserta yang lolos SMM, sama dengan UKT yang reguler. Tetapi peserta yang lolos SMM membayar sumbangan pembangunan institusi (SPI).

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024