Kazakhstan akan menjadi tuan rumah latihan militer bersama sejumlah negara di kawasan Asia tengah, demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Kazakhstan.

Latihan militer bertajuk Birlestik-2024 (Unification-2024), dan akan dimulai pada Senin (8/7) itu akan dilangsungkan bersama Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

"Latihan internasional regional 'Birlestik-2024' akan berlangsung di wilayah Mangistau. Kontingen militer dari Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan akan mengambil bagian dalam pengembangan tugas pelatihan tempur," tulis kementerian tersebut di media sosial.

Latihan militer akan berlangsung di kawasan pelatihan Oimasha di bagian barat negara itu dan di sepanjang pantai Laut Kaspia Kazakhstan, sekitar 1,2 mil dari tanjung Tokmak.

Kegiatan yang melibatkan negara-negara di kawasan Asia tengah itu akan berlangsung dari 8 hingga 17 Juli 2024. Sekitar 4.000 tentara dan hingga 700 jenis  peralatan militer akan terlibat dalam latihan tersebut.

Kegiatan pelatihan akan mencakup pasukan pengintaian darat dan udara, marinir, kru penerbangan angkatan darat dan garis depan, kapal perang, kru artileri, unit penyerang dan tank.

Sumber: Sputnik

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Negara Asia tengah gelar latihan militer bersama di Kazakhstan

Pewarta: Primayanti

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024