Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara membagikan sebanyak satu ton buah jeruk secara gratis untuk para wisatawan dalam acara festival bunga dan buah, di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut).

"Selain itu, kami juga memberikan secara gratis buah salak sebanyak 200 kilogram dan buah naga 200 kilogram untuk pengunjung dalam acara berlangsung," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting di Kecamatan Berastagi, Jumat.

Munarta melanjutkan pemberian buah secara gratis ini sebagai rangkaian acara kegiatan festival buah dan bunga di tempat ini.

Pemberian buah gratis ini kepada para wisatawan, juga sebagai cara syukur bahwa Karo memiliki potensi alam dengan memiliki keunggulan buah-buahan terutama jeruk yang sudah sampai di ekspor ke mancanegara.

"Buah yang diberikan ini merupakan seluruhnya memanfaatkan hasil dari para petani yang berasal dari Karo," tuturnya.

Oleh karena itu, tujuan Pemkab Karo yang memanfaatkan dari hasil para tersebut salah satu sebagai meningkatkan perekonomian dan ajang promosi terkait buah-buahan.

"Selain memberikan buah gratis, sebelumnya saat pawai mobil juga dihiasi dengan berbagai macam buah-buahan dari hasil pertanian Karo," tutur Munarta.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Karo terkenal dengan buah-buahan seperti jeruk, salak, buah naga dan lainnya.

Pemkab Karo menargetkan sebanyak 80.000 sampai 90.000 wisatawan hadir di acara festival bunga dan buah, di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo pada 4-6 Juli 2024.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024