Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Raya Al-Mashun Medan, Sumatera Utara membagikan 600 kantong daging kurban kepada masyarakat sekitar pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Sebanyak 600 bungkus itu dari sembilan ekor sapi dan lima ekor kambing. Semua sudah distribusi-kan dengan baik," kata Ketua Panitia Kurban Masjid Raya Al-Mashun, Hansar Sinaga, di Medan, Selasa.

Dia menjelaskan daging kurban tersebut didistribusikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid Raya Al-Mashun atau di Kecamatan Medan Kota dan sejumlah rumah tahfidz Qur'an di Kota Medan dan sekitarnya.

"Prosesi sembelihnya dimulai pada pukul 09.30 WIB dan selesainya  selesai shalat Ashar. Kami tidak ada membagikan kupon," kata dia.

Pada tahun ini, kata dia, pengurus Masjid Raya Al-Mashun menyembelih sembilan ekor sapi dan lima ekor kambing yang merupakan kurban dari berbagai pihak.

Adapun sapi yang disembelih yakni milik Prabowo Subianto, mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Tokoh Nasional Rahmat Shah dan yang lainnya.

Prosesi penyembelihan hewan kurban itu, kata dia, dilaksanakan pada H+1 Hari Raya Idul Adha atau pada Selasa (18/6). Hal itu dilakukan, mengingat prosesi penyembelihan cukup memakan waktu yang lama.

"Prosesi penyembelihan hewan kurban itu disaksikan para pekurban yang melalui perwakilan masing masing," ujar dia.

Pihaknya menjamin daging hewan kurban yang dibagikan sesuai syariat Islam karena disembelih oleh petugas yang sudah profesional.

"Sedikitnya ada 80 petugas yang melaksanakan prosesi penyembelihan itu. Semua dilakukan syariat Islam," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024