Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) menggelar event olahraga menjelang pelaksanaan PON XXI 2024 di Aceh-Sumut pada 8 hingga 20 September mendatang. 

Bertajuk 'Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024, PB PON menggelar event olahraga Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur Sumatera Utara Piala Gubernur Sumut, Hassanudin. 
        
Ketua Panita Pelaksana Kegiatan, Ingan Habibie Pane, mengatakan, sebenarnya ada tiga event olahraga yang digelar bulan Juni ini. Tujuannya sebagai sarana sosialisasi PON XXI Aceh-Sumut 2024. Namun, dua di antaranya merupakan event yang digelar oleh PB PON.
      
 "Tiga event di bulan Juni ini, bulutangkis, mini soccer dan futsal. Tujuannya untuk sosialisasi PON XXI Aceh-Sumut 2024. Event ini memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara. Untuk pembukaan, rencana sekaligus di tiga cabor itu nanti di tanggal 19 Juni 2024 di GOR PBSI Sumut, Jalan Pancing," ujarnya, didampingi FransFile Manihuruk, S.Or., M.Or., AIFO selaku Pelatih PON, Sabtu (15/6) di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara.
       
 Untuk kejuaraan bulutangkis kata Ingan, akan digelar mulai 19 hingga 23 Juni 2024 di GOR PBSI Sumut di Jalan Pancing Medan. Ada 16 kategori yang dipertandingkan, yakni usia dini (tunggal putra dan putri), anak-anak (tunggal putra/tunggal putri, ganda putra/ganda putri), pemula (tunggal putra dan tunggal putri, ganda putra dan ganda putri), remaja (tunggal putra/tunggal putri, ganda putra/ganda putri), taruna (tunggal putra, ganda putra).
       
"Untuk taruna, ada yang tidak jadi dimainkan yaitu tunggal putra dan tunggal putri karena kekurangan peserta. Peserta yang sudah mendaftar 668 orang, membludak," ucapnya.
        
Sementara itu, Mini Soccer kata Ingan dimulai tanggal 22 juni hingga 14 Juli 2024 dengan tiga kategori yakni, pelajar SMA, umum dan instansi. Masing-masing kategori ada 32 tim peserta.
         
Dia juga menjelaskan, untuk bulutangkis dan mini soccer pendaftaran gratis. 
            
Untuk hadiah kompetisi bulutangkis kata Ingan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta. Untuk minisoccer, memperebutkan hadiah Rp 75 juta.
      
 Kegiatan ini juga didukung berbagai sponsor seperti Pegadaian, Inalum, Bank Sumut, Tirtanadi, Hydrococo, Crystalin, Kahf, Sari Roti.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024