Pemkab Padang Lawas (Palas) menggelar touring wisata ke lokasi objek wisata Candi Jorang Balanga (Candi Tandihat I) di Desa Padang Garugur dan Candi Sipamutung, Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah.

Kegiatan touring menggunakan kenderaan sepeda motor ini diawali dari pelataran kantor SKPD Terpadu, Sekretariat Bupati Palas, Sigala - gala, Kecamatan Barumun.

Rombongan touring ke dua tempat objek wisata Palas ini, di pimpin langsung oleh Pj. Bupati Palas Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si, Sabtu ( 1/6) kemarin.

Dilokasi dua tempat objek wisata ( Candi Jorang Balanga (Candi Tandihat I) dan Candi Sipamutung) itu, Pj. Bupati Palas Dr. Edy Junaedi Harahap beserta rombongan disambut hangat oleh warga masyarakat sekitar bersama pemerintah desa dan pemerintah kecamatan setempat. 

Disela - sela acara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Palas M. Rasyidi Hasibuan mengatakan kegiatan touring kedua tempat lokasi objek wisata di Palas ini, bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan warga masyarakat sekitar. Sekaligus bertujuan sebagai ajang promosi atau pengenalan lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Padang Lawas ke masyarakat luas.

"Semoga melalui kegiatan youring Wisata Pemerintah Kabupaten Padang Lawas ini, nanti kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal daerah, nasional maupun mancanegara akan semakin meningkat ke dua lokasi tempat bersejarah di Kabupaten Padang Lawas itu ke depan,"tutur M. Rasyidi berharap.

Sebelumnya, Pj. Bupati Palas Dr. Edy Junaedi Harahap di dampingi istrinya Pj. Ketua TP PKK Palas Ny. Retno Hadiningsih Edy Junaedi, mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat sekitar Candi Jorang Balanga (Candi Tandihat I) dan Candi Sipamutung bersama pemerintah desa masing - masing atas sambutan mereka terhadapnya beserta rombongan di acara itu.

Melalui kegiatan touring yang dirangkai dengan sejumlah acara di dua lokasi tempat wisata Palas itu, termasuk acara lomba memasak Alame (dodol) antar warga dan lomba kearifan lokal markobar adat ( musyawarah adat), juga lomba tor - tor pelajar SD dan SMP di Desa Siparau, sekitar lokasi Candi Sipamutung, Pj. Bupati Edy berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan warga masyarakat sekitar lokasi ke dua candi tersebut bersama pemerintah desa masing - masing ke depan.

"Jaga dan rawat bersama tempat bersejarah ini (Candi Jorang Balanga (Candi Tandihat I) dan Candi Sipamutung). Dan mari pertahankan warisan budaya keraifan lokal kita markobar adat di bumi Padang Lawas "tano adat digomgom ibadat" ini,"pesan Pj. Bupati Palas Dr. Edy Junaedi, kepada warga masyarakat dan pemerintah setempat di dua lokasi candi objek wisata Palas tersebut.

Turut hadir pada kegiatan touring wisata Pemkab Palas itu, Sekda Arpan Nasution bersama Wakapolres Palas Kompol Sugianto, S.Pd dan para pimpinan OPD Pemkab Palas lainnya.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024