Kepala Terminal Terpadu Amplas, Medan, Sumatera Utara(Sumut) Eben Ezer menegaskan bahwa tidak ada tindakan kriminal yang terjadi di terminal tipe A tersebut selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Sejauh ini semuanya aman," ujar Eben di Terminal Amplas, Medan, Selasa.

Menurut dia, situasi tersebut bisa terwujud lantaran adanya koordinasi yang erat antara pihaknya dengan personel TNI dan Polri.

Eben menegaskan, pihak Terminal Amplas memang terus meningkatkan aspek keamanan agar penumpang semakin nyaman di lokasi tersebut.

Terminal Amplas, kata dia, bisa saja diidentikkan dengan tindakan kriminal pada masa lalu, tetapi tidak untuk saat ini.

"Sekarang, bahkan penumpang bisa tidur di sini jika misalnya kemalaman. Kami ingin semua merasa aman berada di terminal ini," tutur Eben.

Dia melanjutkan, di luar pengawasan terminal, kemitraan dengan aparat keamanan juga dijalin untuk memastikan kondisi para pengemudi bus di Terminal Amplas khususnya terkait narkoba.

Pada awal April 2024, Eben menyebut pihaknya bersama Polda Sumut melakukan tes urine kepada 40 sopir bus dan ternyata satu orang positif narkoba.

"Yang bersangkutan diserahkan ke kepolisian untuk diproses lebih lanjut. Kami pun meminta pihak bus untuk mengganti sopir tersebut demi keamanan dan kelancaran perjalanan penumpang," kata dia.

Sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2024, Eben Ezer menyatakan bahwa Terminal Amplas memiliki beberapa fasilitas penunjang untuk penumpang mulai dari ruang laktasi hingga kamar kesehatan.

Selain itu, untuk para penjemput dan pengantar, pihak terminal juga menggratiskan parkir. Eben pun memastikan kebersihan Terminal Amplas juga selalu dijaga.

"Kami memang fokus ke pelayanan," ujar dia.

Adapun masa angkutan Lebaran 2024 di Terminal Amplas ditetapkan pada 3-18 April.

Secara total dari 3-14 April 2024, Eben Ezer menyatakan terjadi kenaikan keberangkatan dan kedatangan penumpang di Terminal Amplas dibandingkan tahun sebelumnya.

Sepanjang rentang waktu tersebut, ada 16.377 penumpang yang berangkat dari Terminal Amplas dengan menumpang 896 bus. Adapun pada tahun 2023, jumlahnya 15.455 penumpang dengan 644 bus.

Untuk kedatangan di Terminal Amplas pada 3-14 April 2024, totalnya 2.447 penumpang dengan 130 bus, lebih banyak daripada tahun sebelumnya 2.157 orang dengan 86 bus.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024