Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Prakirawan BBMKG Medan Wilayah 1 Medan Budi Prasetyo di Medan, Minggu, mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Deli Serdang, Asahan, Balige, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan lebat di wilayah Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli utara dan sekitarnya serta pada dini hari rata-rata berawan.

Sementara suhu udara rata-rata 16 – 33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari timur laut - timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Atas kondisi cuaca tersebut, masyarakat diingatkan untuk waspada karena hujan lebat dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya," katanya.

Sementara berdasarkan pantauan Sensor Modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terdapat 23 titik panas di Sumatera Utara yakni 10 titik di Tapanuli Selatan, tiga titik di Tapanuli Utara, delapan titik di Langkat, satu titik di Labuhan Batu, dan satu titik di Humbang Hasundutan

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024