Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan telah terpantau 13 titik panas di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

"Ke-13 titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba di Medan, Rabu.

Sebanyak titik panas tersebut masing-masing terpantau dua titik di Labuhanbatu Utara yakni di Kecamatan Kwaluh Hulu, tiga titik di Serdang Bedagai yakni dua di Kecamatan Silauka Henan dan satu titik di Kecamatan Sipispis.

Selain itu, dua titik di Kabupaten Asahan tepatnya satu titik di Kecamatan Aek Kuasan dan satu titik di Kecamatan Bandar Pulau, kemudian satu titik di Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi dan dua titik di Kecamatan Panei Hilir, Labuhanbatu.

Selain itu, tiga titik di Kabupaten Deli Serdang, tepatnya dua titik di Kecamatan Kutalimbaru dan satu titik di Kecamatan Sunggal.

Terkait keberadaan titik panas tersebut, BBMKG telah menginformasikan kepada pemerintah daerah setempat dan pemangku kepentingan lainnya.

Terkait dengan cuaca dalam dua hari ke depan pada pagi hari di Sumatera Utara cerah dan siang hingga sore juga cerah, serta berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Malam hari cerah dan berpotensi hujan ringan di Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Humbang Hasudutan, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Dini hari cerah berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Suhu udara 18-33 derajat Celcius, kelembapan udara 65-95 persen dan angin berembus dari barat laut-timur dengan kecepatan 10-30 km/jam.

"Kepada masyarakat diimbau untuk mengurangi intensitas keluar rumah karena cuaca panas," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024