Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) menggelar kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun anggaran 2025 di Gelanggang Olahraga (Gor) Bercahaya Palas, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu.

Acara musrenbang itu dibuka oleh Pj Bupati Padang Lawas Edy Junaedi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Edy menekankan kepada seluruh peserta OPD Pemkab Palas agar penyusunan RKPD itu tetap berbasis data sesuai fakta dan kenyataan di lapangan. 

Dia pun meminta RKPD tersebut harus berdasarkan capaian pembangunan Kabupaten Padang Lawas dari segi indikator kinerja makro seperti indeks pembangunan manusia (IPM). IPM Palas mengalami yang mengalami peningkatan pada tahun 2023 yakni 70,34 persen dari 69,58 persen pada tahun 2022. 

Pertumbuhan ekonomi Palas pun mengalami peningkatan dari tahun 2021 sebesar 3,83 menjadi 4,61 persen di tahun 2022.

"Kiranya dokumen RKPD yang kita susun nanti tidak hanya memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodasi berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat," kata Edy.

Dia pun berharap forum musrenbang itu dapat menghasilkan keputusan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Sinergisitas, kolaborasi dan diskusi dengan mengedepankan azas efektifitas, efisien disebutnya juga penting dalam mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Ketua Panitia Kepala Bappeda Palas Triyanta HKD mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka diacara kegiatan pembukaan Musrenbang RKPD Pemkab Palas tahun 2025.

Adapun tema Musrenbang RKPD Pemkab Palas itu adalah "Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Dan Daya Saing Sumber Daya Manusia”.

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024