Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mendukung sinkronisasi prioritas pembangunan daerah (Tapsel) tahun 2025 dengan program kegiatan strategis Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Bupati Tapsel usai mengikuti Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2025 yang dihadiri Pj Gubernur Sumut Hasanudin di Kabupaten Padang Lawas Utara.

"Oleh sebab itu, kiranya pemerintah Provinsi Sumut sesuai kewenangan dapat mengalokasikan berbagai program ke Tapsel," kata Bupati Tapsel dalam keterangan yang diterima, di Sipirok, Kamis (1/2).

Namun, Dolly menyebut, Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2025 masih terus berlangsung.

"Untuk tingkat desa/kelurahan sudah selesai, sedang tingkat kecamatan sedang berlangsung, dan Musrenbang RKPD 2025 tingkat kabupaten rencana akan digelar 1 Maret 2024," jelas Bupati.

Dolly melanjutkan, pada Musrenbang RKPD 2025 tingkat kabupaten, pihaknya berupaya kuat untuk menyelaraskan prioritas pembangunan daerah Tapsel-Provinsi Sumut.

Prioritas tersebut antara lain menyangkut kualitas SDM yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sarana sarana/prasarana pendidikan, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan juga pemberantasan stunting.

"Lalu pertumbuhan ekonomi inklusif yang fokus pada peningkatan produksi, produktivitas dan daya saing produk pertanian, peningkatan kesempatan kerja, kesejahteraan ekonomi, UMKM, serta infrastruktur," ujar Dolly.

Sedangkan optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan prioritas tersebut, kata Bupati, berfokus pada peningkatan infrastruktur yang mendukung peningkatan daya saing perekonomian dan nilai tambah produk daerah.

Dalam kesempatan ini, dia yang memasuki tahun ketiga memimpin Tapsel juga membeberkan berbagai capaiannya seperti peningkatan ekonomi Tapsel dari 0,39 poin pada tahun 2021 menjadi 4,78 poin tahun 2023.   

Kemudian tingkat kemiskinan dari 8,80 tahun 2021 turun menjadi 7,01 tahun 2023, begitu juga penurunan angka stunting .

Bahkan, ungkap Bupati, Pj Gubernur Sumut Hassanudin memberikan apresiasi pertumbuhan ekonomi di Tapsel yang cukup meningkat tersebut, termasuk pengangguran terbuka juga turun.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024