Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut peserta yang siap dan mumpuni harus terjun kepada dunia kerja sebagai wujud sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkompeten. 
 
"Saya dan pak wakil wali kota memiliki visi dan misi membangun Kota Medan, baik dari fisik infrastruktur maupun kualitas SDM," ujar Bobby di Medan, Jumat (22/12). 
 
Karena itu, pihaknya mengatakan, melalui kedua pelatihan ini diharapkan Kota Medan benar-benar menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia dengan SDM yang unggul. 
 
Wali kota mengaku selama menjalani pelatihan selama 20 hari di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan tentu sudah banyak pengetahuan dan keahlian yang diperoleh. 
 
Selain pengetahuan maupun keahlian yang telah didapat tersebut, lanjut dia, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan.
 
"Kehadiran saya di sini juga membawa pimpinan perangkat daerah yang siap membantu para peserta untuk bekerja maupun membuka lapangan pekerjaan," tegas Bobby. 
 
Kepala BBPVP Medan Andri Susila menyebut kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan daya saing masyarakat Kota Medan, khususnya para tenaga kerja muda.
 
Pihaknya mengatakan ada tiga jenis pelatihan yang diberikan berupa teknisi service ac, pelatihan tata kecantikan, dan pelatihan barista.
 
"Ada sekitar 240 peserta yang mengikuti paket pelatihan dan semuanya berasal dari Kota Medan," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023