Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar Forum Konsultasi Publik di Padangsidimpuan untuk merumuskan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

"Ini menjadi bekal Kota Padangsidimpuan selama 20 tahun ke depan dan mempersiapkan generasi emas 2045. Oleh karena itu, pondasi dan program rangkaian kerja harus terpetakan dan terukur mulai sekarang mengingat nantinya generasi muda yang akan memandu peta jalannya pemerintahan," kata Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe dalam acara tersebut.

Menurut Letnan, forum konsultasi publik ini merupakan rangkaian tahapan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah yang bertujuan menghimpun masukan dan ide konstruktif untuk penajaman isu-isu strategis, visi dan misi, tema, arah kebijakan, sasaran dan target pembangunan daerah yang dirumuskan dalam dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah agar lebih fokus dan akomodatif.

Dia pun mengingatkan bahwa Kota Padangsidimpuan memiliki visi "Bersama" yakni Berdaya Saing, Sejahtera dan Maju.

Untuk mewujudkan itu, Padangsidimpuan Letnan Dalimunte menetapkan empat misi RPJPD Kota Padangsidimpuan 2025-2045 yaitu mewujudkan SDM yang berdaya saing, unggul dan berakhlak mulia,  kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dan merata, pembangunan ekonomi yang tumbuh, produktif dan adaptif serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik berasaskan keadilan sosial.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto menyoroti beberapa hal penting yang menjadi target pembangunan Kota Padangsidimpuan yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan sektor pertanian dan ketahanan pangan.
 
"Untuk mewujudkan itu semua, masukan dari semua unsur sangat diharapkan agar forum konsultasi publik ini menjadi lebih bermakna. Forum konsultasi publik ini merupakan media utama bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan sasaran pembangunan," kata Siwan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023