Para ibu hamil di Kabupaten Simalungun diberi tambahan gizi dan vitamin serta tablet tambah darah supaya kesehatan calon bayi tetap terjaga. 

Pemberian tablet tambah darah dan makanan tambahan itu bagian dari upaya Pemkab Simalungun membumikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.  

Kegiatan dengan peserta ibu hamil dan lanjut usia diadakan di halaman Kantor Pangulu Lestari Indah Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (22/11).

Kepala Dinas Kesehatan Edwin Simanjuntak diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Rosman Saragih, Rabu (22/11) berujar, kegiatan bertujuan untuk mengedukasi ibu hamil menjaga kesehatan kandungan sebagai upaya pencegahan stunting.

Selain tambahan gizi dan vitamin, ibu hamil disarankan memeriksa kesehatannya secara berkala ke posyandu dan puskesmas dengan memanfaatkan USG untuk deteksi risiko dini. 

Saat melahirkan, diimbau melalui persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan, seperti puskesmas, rumah sakit untuk menghindari risiko.

"Apabila ini kita lakukan, kami berharap tidak lagi anak-anak lahir yang tidak sehat maupun stunting di Simalungun," harap Rosman
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023