tletik Sumatera Utara menorehkan sejarah baru tampil sebagai juara umum cabang olahraga (Cabor) Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Atletik Sumut juara umum dengan memperoleh 7 medali emas, 1 Perak dan 3 Perunggu, di Pomnas 2023 yang berlangsung pada 13-16 November 2023.

Tujuh medali emas Sumut, tiga diantaranya dipersembahkan Siska Simamora dari nomor 1.500 m, 5.000 m dan 10.000 m. Dan Nela Agustin (200 m dan 400 m).

Khusus catatan waktu Nela Agustin di Nomor 200 m (24.40) merupakan yang terbaik saat ini di Indonesia, mengalahkan peraih medali emas Kejurnas Solo (24.53). Sedangkan, 2 medali emas lainnya, masing-masing dipersembahkan Rustika Sibagariang (Lempar lembing) dan Daniel Simanjuntak (5.000 m).

Sukses atletik Sumut menjadi juara umum Pomnas Banjarmasin 2023 disambut syukur dan suka cita oleh Ketua Umum Pengprov PASI Sumut Dr. David Luther SKM MKed(OG), Sp OG(K), dan Ketua Umum Bapomi Sumut dr H Liliana Puspasari SPd MKes.

”Luar biasa, prestasi (juara umum) ini diluar perkiraan kita. Kami bangga dan berterimakasih kepada seluruh atlet, pelatih serta semua pihak yang mendukung,” ujat David Luther Lubis saat dihubungi di Medan, Kamis (16/11).

David Luther membenarkan, perfoma atletik Sumut saat ini benar-benar menggembirakan. Sebelumnya di Kejurnas Antar PPLP di Jabar. Atletik Sumut juga menjadi yang terbaik Se- Indonesia.

”Kalo ditanya soal kiat sukses, semua ini buah totalitas pembinaan yang dilakukan PASI Sumut,” ujarnya.

Sejak memimpin PASI Sumut, David Luther mengatakan ia terus berupaya memberi rasa aman dan nyaman kepada atlet. Demikian juga dengan pelatih dituntut totalitas mencurahkan ilmu kepelatihannya untuk mendongkrak prestasi atlet.

”Selain itu saya senantiasa berupaya lebih mengintensifkan komunikasi kepada atlet, begitu juga dengan pelatih. Karena saya menyempatkan diri melihat langsung mereka berlatih,” sebut David.

David Luther berharap para atlet yang mayoritas atlet Pelatda persiapan Sumut menghadapi PON XXI/2024, tetap terus berlatih, berlatih dan berlatih guna meraih prestasi terbaik di PON 2024.

Ketua Umum Bapomi Sumut, dr H Liliana Puspasari SPd MKes secara terpisah menambahkan, Alhamdulillah atletik Sumut juara umum di Pomnas Banjarmasin 2023. Semua ini tidak terlepas dari baiknya buah pembinaan Pengprov PASI Sumut.

Liliana Puspasari sangat bangga atletik Sumut menjadi juara umum. Dan memuji saat ini PASI Sumut sangat keren, karena tetap harus berprestasi.

” Kami berterimakasih atas dukungan Ketua PASI Sumut dr David Luther Lubis yang tidak pernah lelah dan terus mendukung serta memberikan bantuan untuk kesejahteraan dan peningkatan prestasi atlet Sumut,” ujarnya.

Pada ajang Pomnas 2023, turut tiga pelatih mendampingi atlet yakni, Nuriyoto (tim manajer), Dumpang Siregar S.Pd dan Nurhasim S.Pd.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023