Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan menyatakan ada dua tenaga yang direkrut oleh Kementerian Koperasi dan UKM yang akan melayani para UMKM di Rumah Kemasan Medan.

"Dua orang itu adalah operator dan bagian desain," ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM Diskop UKM Perindag Medan Anwar Syarif di Medan, Sabtu.

Meski demikian, Anwar melanjutkan, pihaknya belum mengetahui siapa saja dua sosok tersebut.

Dia menyebut proses rekrutmen masih dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

"Prosesnya masih di kementerian," tutur Anwar.

Adapun terkait perkembangan pendirian rumah kemasan Medan, Anwar mengutarakan bahwa saat ini masih dalam proses pengadaan peralatan, sarana dan prasarana.

Rumah Kemasan di Medan akan berlokasi di Pusat Industri Kecil, Medan Denai. Tempat itu akan menjadi sentra pelatihan pembuatan kemasan bagi UMKM Medan yang disediakan gratis sebagai bentuk pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kepada UMKM.

Diskop UKM Perindag Medan mengajukan anggaran Rp1,7 miliar kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk membangun Rumah Kemasan tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dapat membangun Rumah Kemasan lantaran terpilih menjadi salah satu dari 13 provinsi/kabupaten/kota yang mendapatkan Tugas Pembantuan Layanan Pengembangan Kemasan (Rumah Kemasan) dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain ke Kota Medan, penugasan itu juga diberikan kepada Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, Provinsi Maluku, Kabupaten Pelalawan, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tegal, Kota Surakarta dan Kabupaten Gianyar.

Rumah Kemasan menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Koperasi dan UKM di bawah kepemimpinan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023