Executive Vice President PT Pos Indonesia Regional I Sumatera Agus Aribowo menegaskan, pihaknya melakukan verifikasi ketat agar bantuan sosial pangan beras di Sumatera Utara tepat sasaran.

"PT Pos Indonesia akan menjaga dengan baik amanah mendistribusikan bantuan ini dan bersinergi sebaik-baiknya dengan Perum Bulog Kanwil Sumut serta pemerintah daerah demi membantu masyarakat," ujar Agus kepada ANTARA di Gudang Bulog Baru (GBB) Pulo Brayan Darat I, Medan, Senin.

Dia melanjutkan, untuk dapat menerima beras pemerintah tersebut, keluarga penerima manfaat (KPM) terlebih dahulu harus mendapatkan surat undangan.

Surat itu dikirimkan ke alamat yang disesuaikan dengan data KPM dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Setelah itu, penerima bisa datang untuk mengambil beras pada waktu dan di tempat yang ditentukan," kata Agus.

Nantinya, di lokasi, pihak PT Pos Indonesia akan melakukan verifikasi kembali terkait kesesuaian data-data penerima.

Kemudian, sebelum meninggalkan tempat, KPM penerima bansos beras akan di foto untuk dokumentasi penunjang.



"Sehingga kami bisa 'cross check' (cek silang-red) pada saat, misalnya, terjadi hal yang tidak sesuai," tutur Agus.

Terkait bantuan pangan tahap kedua, Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara menyebut bahwa beras yang didistribusikan mencapai 9.260 ton per bulan untuk 926 ribu KPM se-Sumut yang akan dibagikan selama tiga bulan yakni September, Oktober dan November 2023. Penyaluran itu dimulai pada Senin (11/9).

Selain untuk meringankan beban KPM, Bulog Sumut juga berharap bantuan beras dari pemerintah juga diharapkan dapat menekan harga beras yang kini sedang tinggi.

Di Sumut, berdasarkan Badan Pangan Nasional, Senin (11/9), harga rata-rata beras medium Rp13.180 per kilogram, lebih tinggi daripada harga eceran tertinggi (HET) pemerintah yakni Rp11.500 per kilogram.

Selain melalui bantuan, Perum Bulog Sumut juga terus melakukan upaya lain untuk menekan harga beras yaitu dengan mendistribusikan beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) secara masif.

Mulai 1 Januari sampai Senin (11/9) pagi, Perum Bulog Sumut sudah mendistribusikan 53.809 ton beras SPHP atau 88,98 persen dari target yakni 60.473 ton.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023