Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Jumat sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG wilayah 1 Medan Budi Prasetyo di Medan, Jumat mengatakan, secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat pagi rata-rata berawan.

Siang hingga sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Karo, Dairi, Samosir, Toba, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, dan Simalungun.

Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah Tapanuli Tengah, Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan sekitarnya.
 



Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Samosir, Mandailing Natal, Labuhan Batu Utara, Deli Serdang, Medan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas dan sekitarnya.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya dan pada dini hari rata-rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara rata-rata  17,3 - 31,9 Derajat Celcius,, kelembapan udara : 75 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir terutama di kawasan pegunungan, Pantai Barat dan Lereng Barat Sumatera Utara," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023