Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Medan mengapresiasi upaya pengurus Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Medan yang menyasar sekolah-sekolah sebagai upaya untuk lebih memopulerkan olahraga cricket di kalangan pelajar.

"Kita sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan PCI yang menggelar pertandingan cabang olahraga cricket di sekolah. Sehingga dengan demikian cricket akan semakin dikenal masyarakat, khususnya di kalangan pelajar," kata Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Jumat.

Hal itu ia katakan terkait digelarnya pertandingan cricket Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIII/2023 di SMPN 23 Medan.

Eddy mengaku sangat beruntung pertandingan cricket dipertandingkan di sekolah. Ia berharap, kehadiran cricket di sekolah mendukung suksesnya tujuan Porkot, hadir di tengah - tengah dunia pendidikan. 

Sekaligus diharapkan menjadikan cabor cricket sebagai percontohan cabor lain untuk populer di kalangan pelajar, sehingga ke depan akan lebih banyak lagi muncul telenta-telenta muda dari kalangan pelajar.
"Pembinaan memang harus dilakukan sejak dini. Tidak ada hasil yang diraih tanpa persiapan yang panjang. Kalangan pelajar harus memiliki karakter yang kuat selain raga yang sehat. Makanya, dalam olahraga ada namanya sportifitas. Artinya, menerima kemenangan dan kegagalan," katanya.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, ke depan KONI akan menjalin kerja sama dengan dinas-dinas terkait maupun swasta agar cabor - cabor yang selama ini kurang populer di kalangan masyarakat bisa dibina di sekolah - sekolah. 

"Jadi atlet sekarang sudah bisa menjadi jaminan masa depan kalian. Semoga ke depan cricket semakin digandrungi kalangan pelajar, sehingga ke depan akan semakin banyak atlet-atlet muda yang tumbuh dan siap membela dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional," katanya.

Sementara Kepala SMPN 13 Medan, Dra. Sarifa Hanum, M.Pd mengucapkan terima kasih dan menyambut baik pertandingan cricket digelar di sekolah yang ia pimpin.

"Ini sangat penting di antaranya membentuk karakter dan minat bakat pelajar. Apalagi, ini untuk merangsang pelajar menekuni kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.  Kegiatan ini sangat berharga bagi siswa untuk menjadi atlet bertalenta," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023