Persiapan Pilkades serentak di 42 desa terus dilakukan Pemkot Padangsidimpuan. Seperti simulasi pemungutan suara pun digelar di Gedung Adam Malik, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin (21/8).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution melalui tersebut turut dihadiri perwakilan Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Asisten Pemerintahan, Kepala OPD Pemkot Padangsidimpuan, Pemerintahan Kecamatan yang melaksanakan Pilkades.

Kegiatan juga diikuti Ketua Panitia dan Sekretaris Pilkades tingkat Desa.

Kepala PMD Pemkot Padangsidimpuan Ismail Fahmi Siregar menyampaikan simulasi pemungutan suara Pilkades serentak pada Agustus tahun 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan petunjuk, pengarahan mengenai strategi pelaksanaan Pilkades serentak pada Agustus tahun 2023.

Kemudian tujuan Pilkades ini agar mewujudkan pengisian kepada desa di Kota Padangsidimpuan yang aman, tertib, demokratis, transparan, dan kepada panitia pemilihan untuk bekerja secara profesional, ucap Fahmi.
 

"Agar mewujudkan pengisian kepada desa di Kota Padangsidimpuan yang aman, tertib, demokratis, transparan. Dan dapat menghasilkan kepala desa yang baik jujur amanah berkualitas dan mempunyai SDM yang sesuai dengan harapan masyarakat yang nantinya akan membantu terwujudnya Kota Padangsidimpuan yang mandiri dan sejahtera, serta Bersinar," jelas Ismail Fahmi.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution melalui Asisten Pemerintahan Iswan Nagabe Lubis menyampaikan bahwa simulasi yang digelar adalah untuk memberikan pelatihan atau pendidikan kepada penyelenggara. Terkait teknis bagaimana cara pemungutan dan perhitungan suara, serta rekapitulasi hasil perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga Pilkades berjalan sesuai harapan.

"Dengan adanya simulasi ini, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa tahun 2023 di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Dan segala kegiatan pelaksanaan pilkades tahun ini harus tetap mengutamakan kejujuran, terutama kepada semua petugas pilkades," tegas Irsan.

Selanjutnya, Walikota Padangsidimpuan Irsan berharap edukasi terus dilakukan kepada masyarakat dan panitia Pilkades agar Pilkades dapat berjalan dengan Luber Jurdil. Pelatihan dan simulasi diharapkan terus berlanjut biar jelang hari H tidak ada kendala nya.

"Untuk itu saya berharap pelatihan atau simulasi seperti ini akan berlanjut di tingkat PPK, PPS dan dilanjutkan KPPS. Begitu banyak resiko yang mungkin terjadi dalam Pilkades serentak oleh karenanya, perlu terus dilakukan edukasi kepada masyarakat serta pemahaman kepada para panitia pilkades untuk menjamin pilkades dapat berjalan dengan tertib, lancar, aman, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Mari kita selamatkan demokrasi Indonesia dari desa, untuk masa depan yang lebih baik," ajak Irsan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023