Maruli Sitorus kembali dilantik menjadi komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Labuhanbatu Utara Periode 2023-2028 di Jakarta, Sabtu (19/8) malam. Maruli merupakan satu-satunya komisioner Bawaslu Labura Periode 2018-2023 yang kembali lolos di lembaga tersebut.

Selain Maruli, dua Komisioner Bawaslu lainnya yang ikut dilantik oleh Ketua Bawaslu RI Rahmar Bagja disaksikan tiga Komisioner Bawaslu Pusat yaitu Puadi, Herwyb JH Malonda dan Totok Hariyono.

Turut menyaksikan pelantikan tersebut Ketua dan anggota KPU Pusat Hasyim Asy'ari , Mhd Afifuddin, Brtty Epsilon Indroos, anggota DKPP Ratna Dewi Petta Lolos dan Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady.

Kepada Antara, Maruli Sitorus menyebutkan, dirinya bersama rekan-rekan dari Labura serta Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota dilantik oleh Ketua Bawaslu.
 

"Sudah dilantik tadi malam. Rencana Selasa ngantor perdana bersama anggota yang baru," ujar mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu dua periode tersebut.

Ia juga mengatakan, pasca pelantikan ketiga komisioner melakukan rapat. Hasilnya dirinya terpilih sebagai Ketua Bawaslu Labura Periode 2023-2028. "Saya terpilih sebagai ketua lewat cara voting," katanya.

Ditambahkannya, melalui rapat itu juga dihasilkan tugas dan divisi masing-masing komisioner. Maruli Sitorus membidangi Divisi SDM, Juskanri Sihaloho membidangi Divisi Penindakan dan Pelanggaran serta Supriadi membidangi Divisi Hukum dan Pengawasan.

Mantan jurnalis tersebut mencatat sejarah di KPU Labura karena satu-satunya komisioner yang menjabat dua periode berturut-turut. Demikian juga di Bawaslu Labura, ia juga kembali mencatatkan rekor sebagai komisioner dua periode berturut-turut.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023