Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik merawat 400 pasien sakit jantung dan hingga menjalani rawat inap tertinggi Januari-Juli 2023.

"Diagnosa pasien rawat inap didominasi oleh pasien dengan masalah jantung, disusul dengan kanker darah dan kanker rektum," ujar Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak kepada ANTARA di Medan, Kamis.

Ia mengatakan pada diagnosis pasien kanker darah sebanyak 339 dan kanker rektum 295 kunjungan pada rawat inap di rumah sakit tersebut.

"Untuk pasien rawat jalan tertinggi yakni HIV sebanyak12.021 kunjungan, gagal ginjal 9.000 kunjungan dan kanker payudara 4.739 kunjungan," ujarnya.

Rosa menambahkan untuk pasien yang melakukan rawat jalan ke RSUP H Adam Malik rata-rata 800 pasien setiap harinya.
 

"Kami berkomitmen terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan upaya dalam mencegah, mengobati, dan mengelola berbagai penyakit yang dihadapi oleh masyarakat,” jelasnya.

Ditambah Rosa dengan RSUP H Adam Malik merupakan pusat pelayanan bagi penyakit tersebut, untuk itu semua sisi harus melayani secara maksimal.

"Baik dari sisi keilmuan, sumber daya manusia (SDM) maupun sarana prasarana," ujarnya.

Karena menurut Rosa, tertinggi diagnosa selalu diisi dengan penyakit-penyakit kronis tertentu yang banyak diderita oleh masyarakat, kecuali ada kejadian luar biasa.

krjadian luar biasa yaitu timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023